Cuaca Panas di Banyuwangi Diperkirakan Sampai Februari

0
585

cuaca-panas-di-banyuwangi-diperkirakan-sampai-februari


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

MASYARAKAT Banyuwangi terutama yang tinggal di wilayah kota merasakan terik matahari yang cukup panas dalam beberapa minggu terakhir. Pemicunya, posisi matahari sedang berada di sisi selatan equator sehingga berdampak  kepada suhu panas yang dirasakan melebihi hari-hari biasa.

Berdasarkan pantauan Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi, posisi matahari yang berada di  selatan equator atau garis kathulistiwa berdekatan dengan Banyuwangi. Sehingga sinar matahari  terasa lebih dekat dan panas bagi  masyarakat.

Meskipun saat ini  sebenarnya tengah dalam masa musim hujan, tetapi hal itu tidak berpengaruh pada tingginya suhu  yang dirasakan. “Wilayah yang merasakan hujan  baru Banyuwangi bagian barat dan selatan, sedangkan untuk Banyuwangi kota dan utara sekitar  dasarian pertama dan kedua bulan November,” ujar prakirawan BMKG Banyuwangi, Yustoto  Windiarto.

Berdasarkan citra satelit himawari, dalam suhu panas ini, hujan justru jatuh lebat di kawasan Kecamatan Tegaldlimo   dan Purwoharjo. Ada juga yang turun di wilayah perairan Muncar. Kondisi panas seperti ini akan terus dirasakan masyarakat  hingga akhir bulan Februari  mendatang atau awal Maret 2017.  Suhu yang dirasakan rata-rata  28 derajat celcius dengan suhu  maksimal 34 derajat celcius.

“Di sisi selatan panas sekali, tapi di  belahan bumi utara seperti Eropa  justru sedang mengalami musim  dingin saat matahari berada di  selatan,” imbuhnya. Dia menambahkan, jika wilayah yang paling terasa panas adalah tempat yang minim embusan  angin. Atau dekat dengan wilayah  pantulan cahaya matahari, seperti daerah pinggir laut.

“Yang perlu diwaspadai ini petir disertai angin kencang. Karena suhu seperti ini. Kemunculannya bisa ditandai dengan  ciri fisik yaitu awan yang tumbuh  menjulang. Ujungnya bisa mencapai 9 kilometer,” pungkasnya. (radar)

Loading...

Rack server merk baru DATEUP - sumber rejeki

Rack server merk baru DATEUP - sumber rejeki

Yuk gan segera order Rack Server DATEUP RACK PERTAMA DAN SATU SATU NYA DI INDONESIA Dengan desain yang sangat bagus…
08/21/2018
Surabaya

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :