Festival Kuwung

0
314

festivalBANYUWANGI – Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dsibudpar) Banyuwangi melakukan serangkaian persiapan pelaksanaan Festival Kuwung kemarin (8/12). Persiapan itu sangat penting, karena festival pelangi budaya tahlm ini bakal digelar malam hari Sabtu mendatang (13/12). Untuk kali pertama festival yang menyuguhkan atraksi budaya dari seluruh kecamatan itu akan digelar malam hari. Karnaval budaya di helat malam hari itu tenmgkap dalam rapat evaluasi Disbudpar bersama sejumlah seniman dan budayawan di Pelinggihan Disbudpar Banyuwangi sore kemarin (8/12).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

“Kita akan bedakan dengan BEC dan pergelaran Gandrung Sewu yang sudah di gelar siang hari j’ trian’ Plt. Kadisbudpar Banyuwangi, M Yanuar Bramuda. Sementara ini, banyak masyarakat yang menanyakan perbedaan BEC dan Festival Kuwung, selain beda materi, perbedaan waktu karnaval itu juga akan menjadl perbedaan dengan BEC. Yang paling utama, perbedaan BEC dan Festival Kawung adalah kemasannya.

Jika BEC hanya menampilkan karnaval kostum yang diperankan orang perorang, maka Festival Kuwung akan menampilkan cerita dari masing-masing daerah di Banyuwangi. “Nanti akan ada atraksi berbeda sesuai alur cerita dari masing-masing daerah,” imbuh Bramuda. Selain itu, kata Bram, Festival Kuwung dihelat pada malam hari merupakan strategi membiasakan kegiatan dilaksanakan pada malam hari. Karena tahun 2015 mendatang Banyuwangi akan menjadi tuan rumah Pekan Budaya jawa Timur yang diikuti 38 kabupaten/kota.

Melalui Festival Kuwung yang diselenggarakan pada malam hari tersebut, Disbudpar juga menjadikan ajang percobaan kegiatan budaya diselenggarakan pada malam hari. Sebab, di beberapa wilayah lain, seperti Ngawi, kegiatan even budaya yang dilaksanakan pada malam justru mengundang animo masyarakat yang luar biasa selain ini, penonton cenderung lebih tertib saat karnaval malam hari. “Kita belLun pernah menyelenggarakan Festival Kuwung di malam hari, makanya akan kita coba dan hasilnya akan kita evaluasi,” pungkasnya. (radar)

Loading...

Baca Juga :