Enam Kabupaten Meriahkan Festival Kuwung

0
547

Dalam Pergelaran Festival Kuwung Sabtu Malam Besok


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Perhelatan terakhir dari rangkaian Banyuwangi Festival 2015 akan ditutup dengan Festival Kuwung Sabtu besok (5/12). Dalam kegiatan yang menampilkan warna-warni seni budaya Banyuwangi itu, enam kabupaten dipastikan berpartisipasi.

Diantaranya adalah Kabupaten Jembrana, Kota Kediri, Kabupaten Lumajang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten/Kota Probolinggo, dan Kota Denpasar. Tema Festival Kuwung tahun ini adalah cerita rakyat atau legenda (folklore).

Seperti talnm sebelumnya, ke-24 kecamatan yang berpartisipasi dibagi menjadi lima daerah penampil. Dari masing-masing Dapil mereka menyajikan cerita rakyat berbeda sesuai karakteristik masing-masing. Seperti di dapil II yang meliputi Kecamatan Rogojampi, Kecamatan Kabat, Kecamatan Songgon, Kecamatan Licin, dan Singojuruh.

Mereka membawakan kisah Bersih Desa yang berisi cerita pageblug yang melanda salah satu desa.  Tak hanya kematian yang menimpa warga, pertanian pun gagal total karena pageblug itu. Sampai akhirnya Mbah Buyut Karti, salah satu tokoh di tempat tersebut, meminta beberapa warga berdandan mirip kerbau sebagai wujud keakraban antara mereka, dunia binatang dan dunia pertanian yang mereka tekuni.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last