Gandrung di Istana, Penonton Terpesona

0
1324

penari-gandrung-unjuk-kebolehan-di-hadapan-tamu-undangan-di-halaman-istana-negara-jumat-malam-kemarin

JAKARTA – Persiapan dan harapan para penari gandrung dan kuntulan merambah Istana Negara berbuah manis. Sajian tari yang mereka tampilkan di depan para tamu kenegaraan Jumat malam kemarin (28/10) mendapat apresiasi hangat dari seluruh mata yang menyaksikan.

Penonton pun terpesona menyaksikan gerak gemulai penari gandrung. Kehadiran gandrung dan kuntulan ke Istana Negara itu menjadi  pentas seni Banyuwangi untuk Indonesia. Pergelaran seni dan budaya “Nusantara Berden dang” ini merupakan rangkaian puncak peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Orang nomor satu di negeri ini, Presiden Joko Widodo, turut menyaksikan langsung kebolehan tari gandrung dan kuntulan. Penampilan perwakilan Banyuwangi yang juga membawa nama Jawa Timur itu diawali dengan masuknya barisan pemain musik tradisional Banyuwangi yang diiringi tari kuntulan.

Banyak 24 penari kuntulan menari dengan  lincah untuk mengawali pertunjukan. Tak lama kemudian, 45 penari gandrung menyusul memasuki panggung. Para gandrung dengan instrumen kipasnya melingkari arena pertunjukan. Membentuk formasi  berjajar di bawah pentas, sebagian  lagi melingkar di atas panggung,  dan terus bergerak dalam derap  tari yang rancak tapi tetap berasa  kelembutannya.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last

Baca :
Warga Kaligondo Ditemukan Tewas di Sawah