Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Sosial  

Guncangan Gempa Jember Terasa hingga Banyuwangi

Sekretaris BPBD Banyuwangi, Mujito (Foto : faktualnews.co)

Getaran gempa dengan magnitudo 5,1 di Kabupaten Jember, Jawa Timur, terasa di Banyuwangi hingga Bali, Kamis pagi (16/12/2021).

Sejumlah rumah pada bagian genting dan tembok bergetar cukup kuat. Tak sedikit warga Banyuwangi dikagetkan dengan guncangan sekitar 5 detik itu.

Sejumlah warga pun banyak yang keluar rumah berusaha menyelamatkan diri, karena khawatir guncangan tersebut mengancam keselamatannya.

Sekretaris BPBD Banyuwangi, Mujito menyampaikan, meski guncangan tersebut terasa cukup kuat akan tetapi tidak sampai menimbulkan kerusakan.

“Guncangan yang terjadi tadi pagi meskipun lumayan kuat, Namun belum ada laporan kerusakan yang di timbulkan oleh gempa tersebut, hingga sekarang” katanya.

Ia mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang, selalu waspada terhadap tanda tanda yang ditunjukkan oleh alam,

“Tetap tenang jangan mudah termakan isu yang belum tentu benar. Hindari bangunan yang rapuh akibat gempa dan tetap selalu waspada. Periksa kembali dan pastikan bangungan tempat tinggalnya aman dan cukup tahan gempa,” pesanya.

Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), menyebut gempa yang berpusat di di 42 kilometer barat daya Jember, berkedalaman 10 kilometer, lokasi titik koordinat 8.55 lintang selatan 113. 49 bujur timur itu terjadi akibat aktivitas sesar aktif di dasar laut.

“Berdasarkan analisis yang ada gempa bumi dipicu adanya aktivitas sesar aktif di dasar laut. gempa tektonik atau lempeng di perairan Jawa Timur ini memiliki pergerakan sesar naik atau thrust fault,” jelasnya.

Dipastikan lanjut Mujito, gempa yang terjadi tadi pagi tidak berpotensi tsunami. “Kami imbau masyarakat untuk tetap waspada. Jauhi bangunan-bangunan yang sudah retak, khususnya masyarakat yang berada di pinggir pantai,” pungkasnya.

Sumber : https://faktualnews.co/2021/12/16/guncangan-gempa-jember-terasa-hingga-banyuwangi/295288/

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE