Kemarau sampai Bulan Desember

0
708

BANYUWANGI – Pada Oktober ini wilayah Banyuwangi dan sekitarnya masih kemarau. Panas menyengat dirasakan warga Banyuwangi, terlebih pada siang hari. Berdasar data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi, pada siang hari suhu udara di Banyuwangi bisa mencapai 33° Celsius.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Suhu udara tersebut tertinggi pada bulan Oktober ini. Prakirawan BMKG Banyuwangi, Yustoto Windiarto, mengatakan panasnya udara di Banyuwangi itu bukan semata-mata akibat musim kemarau. Penyebab lain adalah letak matahari yang berada di selatan garis ekuator.

Dengan kondisi itu, otomatis seluruh daerah di Indonesia yang letaknya di selatan ekuator mengalami hal yang sama seperti di Banyuwangi. “Tidak hanya Banyuwangi, karena matahari cenderung berada di selatan ekuator. Daerah lain yang ada di selatan ekuator juga mengalami hal yang sama,” kata Yustoto.

Dia menyebut, musim kemarau akan terus berlangsung sampai beberapa bulan ke depan, tepatnya sampai Desember. Namun, Banyuwangi bagian barat akan mengalami musim penghujan terlebih dahulu dibandingkan daerah lain.

Loading...

Pada November dasarian III atau setelah tanggal 20 November, diperkirakan akan mulai diguyur hujan. “Banyuwangi barat, seperti Sempu, Songgon, Kalibaru barat, Kalipuro barat, Pesanggaran, dan Licin barat, akan lebih awal mengalami musim penghujan.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2