Perayaan Nyepi 2018, Parade Ogoh-ogoh Ditiadakan

0
434


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANGOREJO – Biasanya, kalangan umat Hindu sibuk mempersiapkan pawai atau perayaan ogoh-ogoh menjelang pelaksanaan Hari Raya Nyepi. Namun, untuk tahun ini sejumlah pura menyatakan tidak akan membuat ogoh-ogoh.

Hari raya Nyepi, tahun ini akan jatuh pada 17 Maret 2018. Biasanya, sebulan sebelum hari H sejumlah pura sudah melakukan persiapan.

“Tahun ini umat Hindu di Banyuwangi tidak adakan perayaan ogoh-ogoh,” cetus Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Kecamatan Bangorejo, Wintoyo.

Menurut Wintoyo, peniadaan perayaan ogoh-ogoh itu karena pelaksanaan Hari Raya Nyepi l Saka 1940, itu bertepatan dengan puja Saraswati sesuai dengan penanggalan Saka. “Hari Raya Nyepi kali ini bersamaan dengan puja Saraswati,” katanya.

Dua mumen itu sangat mungkin jatuh pada tanggal yang sama. Itu karena penghitungannya memiliki cara berbeda. Hari Raya Nyepi selalu jatuh pada tahun baru Saka. Sedangkan puja Saraswati itu setiap 210 hari. Sehingga, penanggalan itu sangat mungkin bisa bersama. “Tahun ini bareng,” terangnya.

Peniadaan perayaan ogoh -ogoh itu, terang dia, untuk menghormati pelaksanaan hari suci puja Saraswati. Dan itu sudah menjadi kesepakatan di kalangan Hindu. Makanya, warga yang biasanya menunggu momen ogoh-ogoh, diharapkan bisa mengeri dan memahaminya.

“PHDI kabupaten sudah memberikan intruksi, tapi jika ada pura melaksanakan ogoh-ogoh ya tidak masalah,” jelasnya.

Loading...

APLIKASI PAYROLL HRD YANG SIMPEL DAN MUDAH

APLIKASI PAYROLL HRD YANG SIMPEL DAN MUDAH

Apakah anda pemilik usaha yang masih menggunakan manual (Excel) untuk perhitungan absensi, gaji, pajak, BPJS dan laporan?? Dan apakah Human…
05/24/2018
DKI Jakarta

Kata kunci yang digunakan :

Baca Juga :