Polair Pelototi 37 Pelabuhan Rakyat

0
376

personel-satpolair-polres-banyuwangi-menggelar-patroli-di-perairan-selat-bali-kemarin


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Intensitas pengawasan kawasan perairan dan pelabuhan rakyat mulai di tingkatkan. Satpolair Polres Banyuwangi  sedikitnya menggelar dua kali patroli dalam  sehari. Targetnya adalah meminimalisasi potensi gangguan keamanan dan tindak kriminal di kawasan perairan.

Tidak hanya pelabuhan Tanjung Wangi dan ASDP Ketapang yang menjadi perhatian. Kepolisian juga mengintensifkan pengawasan terhadap pelabuhan rakyat. Sedikitnya ada 37 pelabuhan rakyat yang menjadi perhatian ekstra  dalam sepekan terakhir.

Patroli laut juga diintensifkan di kawasan Kabat,  Rogojampi dan Muncar yang memiliki pelabuhan-pelabuhan kecil tempat sandar perahu nelayan tradisional. “Kami intensifkan pengawasan pelabuhan umum dan rakyat. Seluruh aktivitas penyebarangan  ke sana wajib dilaporkan,” ujar   AKP Subandi, Kasatpolair Polres Banyuwangi kemarin.

Subandi tidak menampik peningkatan  pengawasan tersebut tak lepas dari sidang umum Interpol sedunia yang dihadiri 200 negara di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali. Agenda internasional itu dijadwalkan akan berlangsung   mulai 7 hingga 10 November.

Untuk mendukung kinerja   Satpolair Polres Banyuwangi tersebut, ada tambahan satu unit  tim Ditpolair Polda Jawa Timur  yang diterjunkan di Banyuwangi. Mereka ditempatkan di pos pantau Pantai Boom. Selanjutnya  mereka akan bertugas bersama  polisi perairan Banyuwangi dalam menjaga keamanan di perairan  di Selat Bali.

Tidak hanya itu, kesiapan pengamanan kegiatan internasional itu juga tampak dari gelar apel pasukan yang digelar di halaman pelabuhan ASDP Ketapang kemarin. Berbagai kekuatan personel pengamanan  turut serta dalam apel akbar ini.

Kapolres Banyuwangi AKBP Budi Mulyanto menjadi inspektur  upacara dalam kegiatan ini. Gelar pasukan diikuti 350 personel gabungan dari Kepolisian, TNI,  ASDP dan pegiat pelestarian  laut Kelompok Usaha Bersama   (KUB) Pesono Bahari serta Kelompok Masyarakat Bangsring Boat.

Usai apel, Satpolair menggelar patroli laut menggunakan Kapal Polisi X 1033 yang sandar di Pelabuhan Tanjungwangi. Pola pengamanan akan dilaksanakan  dalam sistem tertutup dan terbuka.pola terbuka di antaranya dengan menyebar personel berseragam di berbagai penjuru areal pelabuhan.

Sedangkan  pengamanan tertutup akan  banyak melibatkan “teliksandi” dalam memantau perkembangan dan situasi keamanan di lapangan.(radar)

Loading...

Baca Juga :