Ritual Bersih Desa Menggelar Wayang Kulit

0
1266

Pj.-Kepala-Desa-Sumberagung,-Suryanto,-didampingi-Camat-Pesanggaran,-Didik-Joko-Suhono,-menyerahkan-gunungan-kepada-dalang-Ki-Ihwan-Dwi-Purbocarito-kemarin-malam.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

PESANGGARAN – Pergelaran wayang kulit semalam suntuk di halaman kantor Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, berlangsung meriah kemarin malam (18/8). Dalam acara itu, mereka mengundang dalang muda Ki Ihwan Dwi Purbocarito untuk memainkan lakon Gatut Koco Winisudo.

Dalam acara itu, jajaran Forpimka Plus, perangkat Desa Sum beragung, warga dari empat dusun, yakni Dusun Pancer, Rejoagung, Sungailembu, Silirbaru, dan dari luar daerah tumplek blek di halaman kantor desa.

Loading...

Pj Kepala Desa Sumberagung, Suryanto, mengatakan pergelaran wayang kulit semalam suntuk itu merupakan salah satu upacara tradisi untuk bersih desa. Kegiatan itu, rutin setiap tahun oleh pemerintah desa  dan warga Sumberagung. Mengenai pelaksanaan waktu, selalu digelar bulan Selo (Dzul qo’dah) penanggalan Jawa.

“Kebetulan bersamaan Agustusan, ini kita ambil bulan Jawanya,” jelasnya. Tidak hanya sekadar seremonial, dalam acara itu seluruh umat beragama yang menjuarai lomba Destana tingkat Provinsi Jatim 2016, menggelar doa bersama. Menariknya, doa tersebut dilakukan di ruang berbeda di kantor desa.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last