Sering Gempa, Status Ijen Masih Normal

0
401
Gunung Ijen

LICIN – Meski sering terjadi gempa vulkanik dari aktivitas Gunung Ijen, namun status gunung tersebut masih belum meningkat. Saat ini, gunung berapi yang masih aktif itu belum mengalami tanda-tanda aktivitas magma yang menyebabkan erupsi.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Untuk pengamatan secara manual yang dilakukan oleh petugas Pos Pengamatan Gunung Api (PPGA) Ijen kemarin (17/9), cuaca cerah dan angin bertiup lemah hingga sedang ke arah barat dan utara.

“Saat ini Gunung Ijen masih dalam kondisi aman dan bisa dikatakan dengan aktivitas normal,” ujar petugas pengamat Gunung Api Ijen, Suparjan. Suhu udara di Gunung Ijen juga tidak mengalami peruhan yang drastis. Masih di kisaran 17-29 °C. Sedangkan gempa vulkanik tergolong gempa ringan dengan durasi 10 hinga 11 detik.

“Gempa masih ringan dan tidak menyebabkan erupsi magma. Sedangkan gas masih dalam tingkat tidak terlalu berbahaya dan masih dapat terpantau,” ucap Suparjan. Selain itu, untuk visual gunung terlihat jelas tidak ada kabut yang menyelimuti puncak Gunung Ijen.

Setiap hari, petugas mendaki Gunung Ijen dan mencatat secara lengkap setiap aktivitas di puncak kawah itu. Sementara itu, beberapa gunung yang ada di Indonesia mengalami peningkatan status menjadi waspada akan tetapi tidak mempengaruhi aktivitas di Gunung Ijen.

Seperti diberitakan sebelumnya, peristiwa hilangnya sepuluh unit aki (accu) peralatan milik Pos Pengirim Gunung Api (PPGA) di Gunung Ijen, membuat petugas tidak bisa memantau gas beracun yang muncul di Kawah Ijen. (radar)

Loading...

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Rental Mobil Murah di Banyuwangi

Halo kawan-kawan, Jasa Sewa Mobil atau Rental Mobil Banyuwangi kini sudah semakin pesat perkembangannya lho. Mulai banyak perusahaan/ usaha kecil…
05/29/2018
Banyuwangi

Baca Juga :