Tampung Orgil Jalanan, Sembuhkan Penyakit Tanpa Obat

0
1141
REHABILITASI: Bambang Sugianto (kanan) di depan para penderita penyakit jiwa di Pondok Kasih Banyuwangi Waras, Dusun Tegal Pare, Desa Wringin Putih, Kecamatan Muncar, kemarin.
REHABILITASI: Bambang Sugianto (kanan) di depan para penderita penyakit jiwa di Pondok Kasih Banyuwangi Waras, Dusun Tegal Pare, Desa Wringin Putih, Kecamatan Muncar, kemarin.

Pondok Kasih Banyuwangi Waras (PKBW) berdiri tanggal 27 September 2011. Meski tergolong baru, tempat rehabilitasi kejiwaan di Dusun Tegal Pare, Desa Wringin Putih, Kecamatan Muncar, itu sudah banyak memberikan manfaat bagi penderita penyakit jiwa.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

-ALI NURFATONI, Muncar-

ORANG gila (orgil) masih banyak temukan di Banyuwangi. Mereka banyak yang berkeliaran di jalanan. apa pun pasti risi melihatnya. Sebab, dandanan orgil serba awut-awutan. Parahnya lagi, ada sebagian orgil yang mondar-mandir tanpa mengenakan busana alias bugil. Fenomena tersebut mengundang keprihatinan kalangan rohaniwan di bawah naungan Pondok Gabriel di Desa Tegalsari, Kecamatan Licin .

Untuk mengatasi problem kemanusiaan itu, tidak harus digelar razia. Lebih dari itu, dibutuhkan penanganan khusus. Salah satu caranya adalah menggunakan metode rehabilitasi. Pendek kata, untuk menindaklanjuti masalah sosial tersebut dibentuklah wadah dengan nama PKBW. Tempat rehabilitasi itu berada di kawasan tambak udang yang notabene jauh dari pemukiman penduduk.

Kemarin (9/8), wartawan koran ini ber hasil merekam aktivitas di tempat terapi para penderita penyakit jiwa di bawah naungan PKBW itu. Siang itu, suasana tambak sangat panas. Meski demikian, panasnya matahari siang itu langsung hilang ketika sampai di kompleks rehabilitasi orang gila. Ke datangan koran ini disambut baik Bambang Sugianto selaku pengasuh pondok tersebut.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | ... | Next → | Last