TN Alas Purwo Diusulkan Jadi Cagar Biosfer Dunia

0
540

BANYUWANGI – Taman Nasional  Alas Purwo dan Gunung Ijen diusulkan  menjadi nominasi cagar biosfer
dunia oleh pemerintah Indonesia.  Rencana itu disampaikan Executive  Director Komite Nasional Program MAB-UNESCO LIPI Prof. Dr. Ir. Y. Purwanto  saat bertemu Bupati Abdullah  Azwar Anas awal bulan lalu.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Prof Purwanto bertemu Bupati Anas  untuk meminta rekomendasi dan  dukungan masyarakat Banyuwangi mengegolkan rencana pemerintah pusat itu. Prof. Purwanto menjelaskan, Cagar Biosfer (Biosphere Reserves) merupakan situs yang ditunjuk berbagai  negara melalui kerjasama program Man and The Biosphere Programme (MAB)  United Nations Education Social and  Cultural Organization (UNESCO ) untuk mempromosikan konservasi keanekaragaman  hayati dan pembangunan berkelanjutan.

Salah satu syarat sebuah situs bisa dijadikan nominasi adalah rekomendasi dari stakeholder terkait termasuk pemerintah daerah di mana situs tersebut berada. “Kami datang untuk meminta rekomendasi Pemkab  Banyuwangi untuk mendukung Taman  Nasional Alas Purwo dan Gunung  Ijen diusulkan sebagai nominasi Cagar  Biosfer dunia,” kata Prof. Purwanto  yang juga hadir bersama Kepala Balai  Nasional TN Alas Purwo Kholid Indarto  dan Kepala Bidang Pemantapan  Kawasan Dinas Kehutanan Provinsi Jatim I Nyoman Winata.

Purwanto mengatakan, pemerintah  Indonesia melalui rekomendasi dari Kementerian Kehutanan dan Pemerintah  Provinsi Jawa Timur memilih empat  situs untuk menjadi nominasi cagar  Biosfer yakni TN Alas Purwo, Gunung  Ijen, TN Meru Batiri dan TN Baluran.

Keempat lokasi ini akan diusulkan sebagai  satu kesatuan cagar biosfer yang  akan dinamakan Cagar Biosfer Blambangan. Meski dijadikan satu tapi nanti tidak akan ada perubahan status atas pengelolaan cagar tersebut. “Tidak akan ada konsekuensi terhadap status pengelolaan atau kepemilikan semuanya  tetap seperti semula.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last