Tunggu Simulasi, Alas Purwo Masih Tutup

0
94
Foto: Sejumlah pelari mengikuti event Alas Purwo Green Run 2019

BANYUWANGI – Berbeda dengan sejumlah objek wisata yang sudah mulai dibuka dalam pekan ini, Taman Nasional Alas Purwo (TNAP) justru melakukan perpanjangan penutupan. Penutupan diperpanjang hingga 12 Juli mendatang.

Dilansir dari Radar Banyuwangi – Jawa Pos, pihak TNAP melalui Kepala Tata Usaha Vivi Primayanti menjelaskan, perpanjangan masa penutupan ini merupakan kebijakan internal pihak balai. Hal ini dilakukan karena masih ada beberapa hal yang harus diselesaikan. Vivi menjelaskan, dalam Surat Edaran terakhir, pembukaan kawasan wisata di TNAP memang di buka pada 13 Juli nanti.

“Sebelum dibuka akan dilaksanakan simulasi,” tegasnya.

Vivi menambahkan, pihak TNAP menilai pembukaan ini bukan sesuatu yang sepele. Sebab, ancaman penyebaran dan penularan Covid-19 sangat mungkin terjadi. Pihak TNAP tidak mau lengah dengan kondisi tersebut.

“Hal-hal seperti inilah yang saat ini harus kami antisipasi,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Banyuwangi M. Yanuarto Bramuda menegaskan, belum dibukanya Taman Nasional Alas Purwo bukan karena ada persyaratan yang belum terpenuhi, namun lebih karena belum adanya tahapan simulasi yang dilakukan pihak pengelola. Pihaknya sudah melakukan tinjauan ke lapangan dan menyatakan persiapan sudah bagus.

“Bukan belum lolos, tapi belum melakukan simulasi,” ujarnya.

Bram menegaskan, simulasi ini menjadi prasyarat penting dan harus dilakukan. Hal ini bertujuan untuk melihat kesiapan petugas menjalankan prosedur dan protokol pencegahan Covid-19. Sekaligus untuk mengetahui kekurangan yang harus dibenahi pengelola.

“Harus dilakukan (simulasi) agar kita tahu kekurangannya,” jelasnya.

Untuk pelaksanaan simulasi ini, seperti tempat yang lain waktu pelaksanaan setidaknya selama dua hari. Namun hal ini menyesuaikan dengan kondisi di lapangan.

Baca :
Diduga Terlilit Hutang, Seorang Ibu Ditemukan Gantung Diri di Jendela Kamar Gemparkan Warga Tegaldlimo