Wisatawan Pilih Rental Sepeda Motor

0
279

Untuk Kunjungi Distinasi Wisata

BANYUWANGI- Pertumbuhan rental sepeda motor dalam satu tahun belakangan ini, terus membaik. Rental sepeda roda dua ini menjadi pilihan favorit moda transportasi wisatawan asing yang berkunjung ke Banyuwangi. Wisatawan memilih rental sepeda  motor untuk mengunjungi beberapa distinasi wisata di Banyuwangi.

Peluang usaha itu di respon masyarakat untuk membuka penyewaan sepeda motor berbagai jenis. Salah satu kawasan yang menjadi sentra persewaan motor adalah wilayah stasiun Karangasem.  Tempat ini dipilih karena trend kunjungan wisatawan asing menggunakan transportasi KA dari Surabaya dan beberapa daerah lain di Jatim.

Setelah turun dari KA, para wisatawan itu langsung mencari rental kendaraan sepeda daripada  mencari transportasi umum.  Selain itu, daerah Karangasem  di pilih sebagai lokasi rental sepeda karena dekat dengan loksi wisata Gunung Ijen.

Sehingga banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang berlalu  lalang di stasiun Karangasem dengan mudah mendapat informasi lokasi rental sepeda. Herwin, staf admisnistrasi salah satu rental motor di Karangasem, mengungkapkan banyak wisatawan lokal maupun luar berhenti  di Karang asem untuk beristirahat di homestay sekaligus sewa akomodasi.

“Biasanya turis yang mau ke Ijen sewa motor semalam saja, dan besok sudah kembali,” jelasnya.  Hampir semua tarif yang ditawarkan oleh pemilik sewa motor sama. Namun ada beberapa yang  berbeda. Herwin mengatakan  tarif sewa motor yang dikenakan di hari libur dan hari kerja berbeda.

“Tarif sewa motor untuk waktu 1×24 jam Rp 100 ribu di  hari libur, sedangkan di hari biasa Rp 75 ribu. Biasanya turis mancanegara itu datangnya malam hari  dan pakai motor mulai jam 9  hingga 11 malam. Para turis maupun wisatawan lokal sudah melek  teknologi, jadi mereka lebih  banyak booking lewat website,” tandasnya.

Dewi, pemilik rental motor  lain nya, mengatakan menggunakan tarif motor yang sama  pada hari libur maupun hari kerja. “Tarif sewa motor selama 1×24 jam di hari libur maupun  hari kerja tetap sama yaitu Rp  75 ribu. Hari ini sudah ada empat motor yang keluar. Ramai karena besok libur tahun baru Imlek.  Hari ini juga ada beberapa turis mancanegara yang sewa motor untuk ke Ijen,” katanya.

Cecilia, salah satu penyewa motor, mengatakan menyewa motor tersebut untuk pergi ke Kawah Ijen. Cecilia bersama tiga orang temannya menyewa dua motor. “Kami sewa motor ini hanya satu  hari saja untuk pergi mendaki ke  Ijen nanti malam. Kami menyewa semalam dengan harga Rp 75 ribu,” ucap turis asal Italia ini.

Semua rental menerapkan aturan jaminan paspor untuk turis mancanegara dan deposit Rp 300 ribu  untuk wisatawan lokal. Andri, salah satu staf rental motor paling ujung selatan, mengatakan agennya tidak melayani warga asli Banyuwangi  yang dibuktikan dengan kartu tanda penduduk (KTP).

Pemilik rental sepeda hanya melayani turis dan wisatawan luar  daerah. Untuk wisatawan asing sya ratnya harus menyerahkan paspor bagi turis dan uang Rp 300 ribu bagi  wisatawan lokal sebagai jaminan motor. “Hal ini untuk berjaga-jaga, supaya motor tidak hilang dan jika terjadi kecelakaan mereka mau ganti rugi kerusakan motor tersebut,”  tandasnya. (radar)

Loading...


Kata kunci yang digunakan :