Korsleting, Separo Rumah Ludes Terbakar

0
151
ILUSTRASI

LICIN – Diduga akibat korsleting listrik, rumah pemilik mebel Kian Jaya di Licin ludes terbakar, Rabu malam kemarin (26/10). Rumah milik Andi Sugiarto, 43, tersebut hangus dilalap si jago merah pada bagian ruang tamu, ruang keluarga, serta dua ruang kamar tidur.

Seluruh barang ikut terbakar, seperti tempat tidur busa, kursi kayu, lemari, maupun meja. Selama ini, rumah tersebut ditempati oleh adik Andi yang di duga mengalami gangguan jiwa. Dia adalah Welly Sugiharto, 41. Selama ini Welly dirawat oleh Ani, 68, warga Desa Jambesari, Kecamatan Giri, sejak 5 tahun terakhir ini.

Welly sendiri dirawat di rumah tersebut sejak 6 tahun lalu. “Berdasarkan keterangan keluarga, Welly mengalami gangguan jiwa sejak usia 21 tahun. Di runtuh itu hanya saya dan Welily saja,” kata Ani.

Loading...

Ani menceritakan, Rabu (25/10) pukul 23.00, seorang penjaga gedung pendidikan dan pelatihan PNS, Ahmadi, 45, hendak memberikan makan sapi miliknya yang ditempatkan di bagian belakang gedung tersebut.

Saat itulah, dia melihat api sudah berkobar dan membakar di bagian atap rumah korban. Selanjutnya, Ahmadi memanggil Ani yang sedang terlelap tidur di ruangan sisi timur. “Setelah mendengar teriakan itu, saya langsung membuka kamar Welly dan membawanya ke tempat yang aman,” ucap Ani.

Dia tidak mengetahui asal muasal api tersebut. Apakah dari korsleling lislrik ataukah dari puntung rokok yang dibuang oleh Welly. Melihat api semakin membesar, Ani meangaku berusaha menyelamatkan Welly yang sudah terjatuh ke lantai di ruang tengah.

Lalu dia membopongnya ke ruang belakang untuk di selamatkan dari kobaran api. Sementara, puluhan warga setempat membantu memadamkan api dengan peralatan seadanya. “Dua unit mobil pemadam kebakaran tiba di lokasi di saat api sudah dipadamnkan warga,” ungkap Ani.

Kapolsek Licin AKP Jupriyadi mengatakan, berdasar hasil olah TKP sementara, kebakaran diduga akibat korsleting listrik. Pihaknya masih melakukan upaya penyelidikan lebih lanjut. Total kerugian akibat kebakaran tersebut ditaksir Rp 15 juta.

“Selama ini rumah tersebut hanya digunakan tempat persinggahan oleh si pemilik rumah. Rumah tersebut ditempati oleh adiknya serta penjaga rumah,” tandas Jupriyadi. (radar)

loading...