Cuaca Tak Menentu, Nelayan Berhenti Melaut

0
1464


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Cuaca yang tidak menentu, membuat para pemburu ikan di Bumi Blambangan stop melaut. Ribuan nelayan tradisional memilih memarkir perahu di pesisir sekitar tempat tinggal masing-masing.

Hasil pantauan wartawan Jawa Pos Radar Banyuwangi kemarin (13/1), ribuan perahu slerek tampak parkir di kawasan Pelabuhan Muncar. Mayoritas nelayan di pelabuhan tradisional terbesar kedua di Indonesia itu memilih memarkir perahunya. Sebagian nelayan terlihat tetap bekerja di darat. Ada yang membenahi jaring, ada juga yang mengecek kondisi bagian bawah perahu.

Sementara itu, kondisi yang sama juga terlihat di Pantai Warudoyong, Kelurahan Bulusan, Kecamatan Kalipuro, Banyuwangi, kemarin. Ratusan nelayan di kawasan pesisir sebelah selatan Pelabuhan Ketapang itu terpaksa memarkir perahunya. Mereka enggan melaut karena cuaca yang buruk.

Loading...

Angin kencang dan arus laut yang kuat menjadi alasan utama nelayan stop mencari ikan kemarin. Mereka juga melakukan kegiatan membenahi perahu. “Sudah satu minggu terakhir ini, cuaca tidak bersahabat. Selain memperbaiki perahu, saya juga mencari udang rebon di pinggir pantai untuk menutupi kebutuhan sehari-hari selama berhenti melaut,” ujar Sapari, 55, nelayan Pantai Warudoyong.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2