Licin dan Glenmore mulai Hujan

0
637

Suhu Panas Diprediksi Menurun


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

BANYUWANGI – Sebulan terakhir suhu udara yang dirasakan masyarakat Banyuwangi dan sekitarnya sangat panas menyengat. Bahkan, berdasar data Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi suhu panas maksimal di Banyuwangi mencapai 33°  Celsius.

Namun, BMKG memprediksi suhu panas yang amat tersebut akan mulai berkurang pada November ini. Prakirawan BMKG Banyuwangi, Anjar Triyono Hadi, mengatakan memasuki bulan November ini sebagian daerah di Banyuwangi sudah mulai diguyur hujan.

Dengan turunnya hujan di sebagian wilayah Banyuwangi pada November ini, panas yang dirasakan bisa berkurang. “November awal ini yang memasuki hujan terlebih dahulu adalah Banyuwangi bagian barat, seperti Kecamatan Licin, Kalibaru, Glenmore, dan sekitarnya,” kata Anjar kepada Jawa Pos Radar Banyuwangi kemarin (31/10).

Selain karena musim penghujan mulai datang, suhu panas akan menurun juga disebabkan pada bulan ini angin yang bertiup dari tenggara menuju selatan sifatnya basah. Dengan sifat angin seperti itu, sangat mungkin sekali terjadi pembentukan awan pada bulan November.

“Angin ini sifatnya basah dan pastinya akan membuat pertumbuhan awan menjadi banyak,” terangnya. Anjar menambahkan, minimnya pembentukan awan akhir- akhir ini juga yang memicu panas terasa sangat menyengat.

Awan itu, menurut Anjar, bisa dikatakan sebagai selimut bagi bumi atas sinar matahari. Jika tidak ada awan seperti saat ini, maka sinar matahari langsung ke permukaan bumi alias tanpa hambatan. “Kalau ada awan, panasnya tidak seperti ini,” tambahnya.

Meski diprediksi suhu udara di Banyuwangi akan mulai menurun, tapi pihak BMKG Banyuwangi mengimbau masyarakat dan pihak-pihak terkait mewaspadai kekeringan yang bisa saja terjadi di Banyuwangi pada November ini.

Sebab, musim hujan di suatu daerah di Banyuwangi terjadi tidak bersamaan. Setiap daerah memiliki awal penghujan yang berbeda-beda. Itu tergantung topografi daerah itu. ‘Utamanya Kecamatan/Wongsorejo di sana ada tiga titik hot spot daerah yang masih rawan terjadi kekeringan,” jelasnya.

Sekadar diketahui, berdasar data BMKG, daerah Banyuwangi Barat yang akan mengalami musim hujan terlebih dulu, yakni awal November ini, antara lain Kalibaru, Genteng, Glenmore, Licin, Glagah, Tegalsari, dan Gambiran.

Wilayah Pesanggaran, Songgon, dan Sempu akan mengalami musim hujan pada November dasarian III atau sekitar tanggal 20 November. Di wilayah utara, yakni Kecamatan Wongsorejo, akan mengalami musim hujan mulai Desember dasarian I, yakni antara tanggal 1-10.

Nah, wilayah Banyuwangi kota, Rogojampi, Kabat, Muncar Purwoharjo, Bangorejo, Tegaldlimo, Kalipuro, dan Giri, diprediksi baru diguyur hujan pada akhir Desember. (radar)

Loading...

There were no listings found.