Rapid Test Gratis untuk Penumpang Kapal dan ABK

  • Bagikan
Foto: Radar Banyuwangi – Jawa Pos

BANYUWANGI – Tes pemeriksaan cepat (rapid test) gratis digelar di parkiran Pelabuhan ASDP Ketapang, Banyuwangi. Kesempatan itu tak disia-siakan ratusan calon penumpang kapal yang akan menyeberang ke Bali.

Dilansir dari Radar Banyuwangi – Jawa Pos, mereka berduyun-duyun mendatangi pos pendaftaran.

“Ini sangat membantu sekali, di klinik atau rumah sakit swasta antre cukup lama dan harus membanyar. Enak di sini, gratis,” ujar salah seorang calon penumpang kapal, Suharno.

Pria 42 tahun tersebut berniat kembali ke Bali setelah menengok anak istrinya di Desa Karangsari, Kecamatan Sempu, Kabupaten Banyuwangi.

“Di Bali sudah mulai ada pesanan pekerjaan lagi, jadi saya mau kembali ke sana,” imbuhnya.

Sementara itu, General Manager PT Pelindo III Tanjung Wangi M. Nizar Fauzi mengatakan, rapid test masal merupakan bagian dari program 50 ribu rapid rest gratis yang diberikan Pelindo Pusat ke Jawa Timur.

Tuiuanya memperlancar proses kebiyasaan anyar (new normal/normal baru) dengan mempercepat aktivitas logistik, pekerja, dan ABK di Pelabuhan ASDP Ketapang.

Salah satu syarat untuk bisa menyeberang ke Bali saat ini adalah memiliki bukti nonreaktif. Tak hanya Ketapang saja, hari ini (3/5/2020) kegiatan yang sama juga akan digelar di Pelabuhan Tanjung Wangi untuk para ABK dan calon penumpang Kapal Sabuk Nusantara tujuan Pulau Madura.

“Kami nnendapat jatah 3.000 rapid tes gratis. Sasaran kami sopir logistik, calon penumpang kapal tujuan Bali, warga pesisir, dan warga pesantren. Jangan sampai karena alasan uang jadi menghambat logistik,” tegas Nizar.

Proses rapid test dilaksanakan bersama Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tanjung Wangi. Jika ada temuan reaktif akan dilaporkan kepada Gugus Tugas COVID-19.

“ABK kita imbau ikut rapid test agar bisa eksis. Jika mereka terpapar korona, kapal bisa dikarantina selama 14 hari. Ini juga untuk memberikan rasa aman kepada para calon penumpang,” kata Nizar.

Pemeriksaan rapid test dibuka mulai pukul 09.00 sampai pukul 16.00. Penumpang kapal ber-KTP Bali diprioritaskan ikut rapid test.

“Sebelumnya kami sudah menggelar tes cepat di Pelabuhan Jangkar, Situbondo. Besok (hari ini) kita gelar di Pelahuhan Tanjung Wangi. Sebelum kapal bertolak ke Madura, kami pastikan semua penumpang dalam kondsi non-reaktif,” tegasnya.

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: