Upah Petik Bikin Harga Cabai Naik

0
649

BANYUWANGI – Pada masa liburan Lebaran kemarin harga komoditas sayuran di pasaran cenderung turun. Tren penurunan harga itu ditandai dengan turunnya komoditas cabai yang turun mulai kemarin (21/7). Harga cabai rawit dan cabai besar sempat meroket tajam dua hari sebelum Lebaran.

Info dari pedagang, harga cabai rawit pada H-2 Lebaran hingga H+4 berkisar Rp 50 ribu per kilogram (kg). Harga cabai besar merah mencapai Rp 30 ribu per Kg. “Baru  tadi malam ini turun harga. Langsung anjlok,” ungkap Urik, 38, pedagang di Pasar Banyuwangi.

Harga cabai rawit sekarang berkisar Rp 36 ribu per Kg. “Tapi cabai rawit dari Kecamatan Wongsorejo masih Rp 40 ribu per Kg,” imbuhnya. Harga cabai merah besar turun drastis dari Rp 40 ribu menjadi Rp 24 ribu per Kg. Urik yang juga tengkulak cabai itu mengatakan, harga cabai naik karena ongkos petik cabai naik.

“Menjelang Lebaran kemarin ini banyak tukang petik cabai yang libur, sedangkan kebutuhan pasar harus dipenuhi. Tukang petik minta upah lebih tinggi dibanding hari-hari biasa,” katanya panjang lebar. Normalnya upah pemetik cabai per hari Rp 35 ribu.

Namun, karena harus bekerja di luar hari normal, pemetik meminta upah lebih tinggi, yakni Rp 50 ribu per hari. Disinggung tentang produksi, Urik mengakui sebenarnya produksi  cabai petani cukup untuk memenuhi kebutuhan pasar yang meningkat pada momen Lebaran.

Hanya saja, terkendala tukang petik yang libur bekerja. Harga cabai hijau juga turun dari Rp 60 ribu menjadi Rp 45 ribu per Kg. “Meski turun, harga  cabai merah terbilang masih mahal. Karena barangnya memang jarang tapi banyak yang  cari untuk variasi menu makanan di restoran-restoran.

Baca :
Banyuwangi Izinkan Pasar Takjil Ramadan, Asal

Ini cabai hijau hanya ada di Kecamatan Kalibaru,” katanya. Harga sayur lain yang turun adalah brokoli. Lebaran lalu harga sayur brokoli mencapai Rp 15 ribu per Kg. Namun, mulai kemarin harganya turun menjadi Rp 8 ribu per Kg.

Sama dengan harga daun bawang yang meroket Rp 20 ribu per Kg, kini turun menjadi Rp 8 ribu per Kg. Harga bawang merah juga turun dari Rp 25 ribu menjadi Rp 18 ribu per Kg. Sementara itu, harga komoditas hasil ternak masih belum turun.

Harga daging sapi masih berada pada kisaran Rp 120 ribu per Kg. Harga daging ayam Rp 32 ribu per  Kg, sedangkan harga telur masih  bertahan di angka Rp 20 ribu per  Kg. (radar)