Ada Ada Alquran Alquran Fondasi Keraton

0
724
PENDILEMAN: Lokasi petilasan Prabu Tawang Alun di Desa Gombolirang, Kabat.

PRABU Tawang Alun adalah Raja Kerajaan Macan Putih sekitar tahun 1600-an silam. Saat ini, Kerajaan Macan Putih diperkirakan terletak di Dusun Cungking, Desa Gombolirang, Kecamatan Kabat. Kakak dari Wilo Broto, Sayu Melok, dan Sayu Grinsing, itu dikenal suka membaca lontar Yusuf.

Karena itu, meski Belanda menyebut Prabu Tawang Alun beragama Hindu, namun banyak sejarawan yang menyebutnya sudah masuk Islam. Benarkah? Berdasar sumber-sumber VOC, sering kita dengar bahwa Tawang Alun adalah raja yang memeluk agama Hindu. Dan, Macan Putih, kerajaan yang dia pimpin, merupakan kerajaan hindu terakhir di Pulau Jawa.

Dalam buku-buku sejarah dan surat-surat VOC, kerajaan Ma-can Putih lebih dikenal dengan sebutan kerajaan Blambangan. Namun, benarkah Tawang Alun, Hindu? Banyak yang mendukung dugaan ini. Karena didukung sumber tertulis cukup kuat, dan tidak hanya satu sumber yang menyebutkan bahwa dia Hindu. Nah, mungkinkah sebenarnya Tawang Alun sudah muslim? Untuk yang satu ini, tidak ada yang bisa menjawab secara ilmiah.

Sebab, tidak ada bukti tertulis. Namun, jika pertanyaan itu dilemparkan kepada masyarakat sekitar, maka mereka akan menjawab bahwa Tawang Alun sudah muslim. Mereka menjawab bukan tanpa dasar. Melainkan ada dasarnya. Yaitu empiris di lapangan. Meski itu belum bisa dibuktikan secara ilmiah, tapi sudah cukup untuk mengeluarkan dugaan bahwa Tawang Alun sudah muslim.

Menurut Samsul, orang yang pernah mendiami reruntuhan Keraton Macan Putih selama Prabu Tawang Alun, Islam atau Bukan? Prabu Tawang Alun, Islam atau Bukan? Ada Ada Alquran Alquran Fondasi Keraton di Bawah di Bawah bertahun-tahun, di bawah tembok Keraton Macan Putih pernah ditemukan Alquran kecil dalam kotak kuning. Orang-orang menyebut itu haikal (Al-quran kecil).

Baca :
Mancing di Laut, Pria Asal Muncar Ditemukan Tewas Tenggelam

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last