Anom Suroto Meruwat Alas Purwo

0
1295

TEGALDLIMO – Dalang kondang dari Solo, Ki Anom Suroto, untuk kali pertama manggung di lapangan Kutorejo, Desa Kalipahit, Kecamatan Tegaldlimo, Banyuwangi, dini hari kemarin (15/8). Kehadiran dalang yang dikenal dengan suara emasnya itu dalam rangka meruwat Alas Purwo.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Ki Anom sengaja diundang oleh pihak Taman Nasional Alas Purwo (TNAP). Ribuan pengunjung tumpek-blek di lapangan Kutorejo untuk menyaksikan aksi dalang asal Surakarta itu. Lakon yang diangkat adalah Asmoro Bumi. Lakon tersebut  berisi semangat mencintai tanah air seperti yang diterapkan Pendawa Lima.

Selain meruwat Alas Purwo, wayangan  tersebut juga untuk memeriahkan Hari  Ulang Tahun (HUT) RI Ke-70. Dalam pesan moralnya, Ki Anom mengajak masyarakat sekitar Alas Purwo menjaga lingkungan dan melestarikan alam. ”Jangan sampai ada lagi pencurian satwa langka dan perusakan hutan di Alas Purwo.

Loading...

Mari kita jaga kelestariannya. Sebagai  warga negara kita harus mencintai tanah air,’’ ujar Ki Anom. Usai manggung, dalang senior itu mengaku puas dengan antusiasme penonton yang dengan setia mengikuti cerita Asmoro Bumi.  Bagi Ki Anom, manggung di Alas Purwo itu adalah yang kali pertama.

”Penontonnya sungguh luar biasa,” ujar Ki  Anom kepada Jawa Pos Radar Banyuwangi.  Pergelaran wayang kulit semalam  suntuk di Kutorejo kemarin juga dihadiri Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Orang nomor satu di Pemkab Banyuwangi itu juga didaulat naik panggung untuk menyampaikan pesan-pesan moral terkait pergelaran wayang  kulit.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2

Baca :
Belasan Desa di Banyuwangi Berstatus Tanggap Darurat Kekeringan