Dari 1.140 Orang, Mayoritas tak Dikenal

0
560

nama-nama-pahlawan-yang-dimakamkan-di-tmp-wisma-raga-satria-ini-masih-terlihat-jelas-di-papan-nama


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

TANGGAL 10 November 1945 silam, para tentara dan milisi lndonesia berperang melawan tentara Britania Raya dan Belanda. Pertempuran ini adalah petang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dan merupakan satu pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia.

Karena itu, pertempuran Surabaya menjadi simbol nasional atas perlawanan lndonesia terhadap kolonialisme. Namun, selain mereka yang ikut mengangkat senjata dan berperang pada Pertempuran Surabaya, ada banyak pahlawan-pahlawan lain, bahkan di sekitar kita sekalipun.

Setidaknya itu terbukti dari banyaknya jenazah yang dikebumikan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Wisma Raga Satria, Banyuwangi. Berdasar data Dinas Sosial, Tenaga Kerja, dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans), saat ini ada 1.140 pahlawan yang dimakamkan di TMP yang berlokasi tepat di kantor Pemkab Banyuwangi tersebut.

Loading...

Rinciannya, sebanyak 606 orang berasal dari unsur TNI/Polri, 34 pejuang rakyat (PJR), serta 2 pegawai negeri sipil (PNS). Selain itu. TMP Wisma Raga Satria juga menjadi persemayaman terakhir 34 “pahlawan tidak dikenal”. Hasil pantauan Jawa Pos Radar Banyuwangi, dari 1.140 jenazah, mayoritas tidak dikenal namanya.

Dari daftar papan nama menunjukkan, jumlah pahlawan yang tidak dikenal namanya mencapai ratusan orang. Umumnya berasal dari unsur pejuang rakyat. Sedangkan yang benar-benar tidak diketahui asal-usul kesatuannya hanya diketehui 34 pahlawan.

Infomasi yang berhasil dikumpulkan wartawan Jawa Pos Radar Banyuwangi, pahlawan tak dikenal yang dimakamkan di TMP Wisma Raga Satria merupakan para pahlawan yang sebelumnya dimakamkan di desa-desa di seantero Bumi Blambangan.

Jenazah mereka dipindahkan ke TMP tersebut pada masa pemerintahan Bupati Joko Supaat Slamet yang memimpin Pemkab Banyuwangi periode 1966 sampai 1978 silam. Kepala Dinsosnakertrans Banyuwangi, Syaiful Alam Sudrajat, membenarkan ada 34 pahlawan tidak dikenal yang dikebumikan di TMP Wisma Raga Satria.

“Mereka merupakan pahlawan yang sebelumnya dimakamkan tersebar di desa-desa se-Banyuwangi dan dipindahkan ke TMP pada masa kepemimpinan bupati terdahulu,” ujarnya kemarin (9/11). Informasi lain ntenyebutkan, beberapa makam di TMP Wisma Raga Satria diisi lebih dari satu jenazah.

Ada satu makam yang diisi lima, tujuh, hingga sembilan jenazah. Alam pun membenarkan hal itu. Hanya saja, dia menegaskan satu makam yang diisi lebih dari satu jenazah itu ditempatkan di liang lahat yang berbeda. “Jadi, dalam satu makam ada yang terdiri dari lima, tujuh, atau sembilan liang lahat. Sesuai dengan jumlah jenazah yang dimakamkan di makam tersebut,” kata dia.

Alam menjelaskan penemuan siapa saja yang berhak dimakamkan di TMP merupakan kewenangan Komando Distrik Militer (Kodim) 0825 Banyuwangi. “Rekomendasinya dari Kodim. Tugas pokok fungsi Dinsos di TMP adalah memastikan kebersihan dan keindahan di dalam kawasan TMP,” pungkasnya. (radar)

Loading...

Baca Juga :