Hujan Lebat, Tanaman Padi Siap Panen Disapu Angin

0
1635


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

KABAT – Hujan disertai angin kencang yang melanda sejumlah wilayah di Banyuwangi yang terjadi dalam beberapa hari ini, mulai berdampak  terhadap tanaman padi milik petani. Belasan  hektare tanaman padi siap panen di Desa Pondok  Nongko, Kecamatan Kabat, roboh akibat diterjang hujan dan angin kemarin (5/4).

Kondisi tersebut menyebabkan petani  mengalami rugi besar. Untuk menekan kerugian  yang lebih besar, sebagian petani juga terpaksa melakukan panen dini. Pasalnya, jika tanaman padi terus dibiarkan roboh di sawah, bulir padi akan terendam air dan mudah lepas dari tangkai  yang berakibat pada merosot hasil panen.

Ahmadi, salah seorang buruh tani mengatakan,  tanaman padi banyak yang rusak dan roboh akibat curah hujan tinggi. Padahal, tanaman padi yang dirawatnya sudah hampir dipanen.  “Hanya tinggal menunggu hari saja sebetulnya,  tapi ternyata sudah roboh dihantam hujan  dan angin kencang lebih dulu,” cetusnya.

Loading...

Karena kondisi tersebut, dia terpaksa memanen tanaman padinya lebih awal. Meski demikian,  hal itu akan sangat berpengaruh terhadap kualitas jumlah hasil panen dan harga jual  gabah. Karena pasca dihantam angin kencang, tanaman padi banyak yang roboh.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last