Meriahnya Pesta Petik Laut Nelayan Muncar

0
774

MUNCAR – Tradisi tahunan petik laut di Perairan Muncar kemarin berlangsung meriah. Ratusan kapal nelayan memadati laut Muncar. Kapal dihias sedemikian rupa sehingga menarik. Nelayan seolah jor-joran menghias kapal demi menjadi yang terbaik.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Kemeriahan petik laut kemarin sempat diwarnai kecelakaan kecil antar-kapal selerek pengiring atau pengantar gitik sesaji saat melarung ke tengah laut. Beruntung, kecelakaan pukul 11. 15 tidak membahayakan ratusan penumpang kapal.

Insiden tabrakan kapal tersebut terjadi saat gitik sesaji diceburkan atau dilarung ditengah laut, tepatnya di perairan Selat Bali atau sebelah perbukitan Sembulungan. Diduga, karena saling berebut menabrak gitik sesaji yang baru dilarung, kapal selerek dengan kecepatan tinggi itu membentur kapal selerek lain yang berada di depannya.

Tetapi, kecelakaan itu tidak sampai menimbulkan kerusakan fatal dan membahayakan ratusan penumpang. “Benar ada tabrakan, hanya terjadi kerusakan ringan pada bagian kapal,” ujar Ketua Panitia Petik Laut, Harun Al-Rasyid.

Sebagian nelayan yakin jika kapal yang mereka tumpangi bisa menabrak dan menenggelamkan gitik sesaji saat dilarung, maka kapal tersebut akan mendapat berkah hingga setahun yang akan datang. “Ada anggapan begitu.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last