Kapal Nelayan Bersolek, Gitik Siap Dilarung

0
1323
Kapal-kapal slerek milik para nelayan yang sudah berhias berjejer di kolam Pelabuhan Muncar, kemarin (3/10)
Kapal-kapal slerek milik para nelayan yang sudah berhias berjejer di kolam Pelabuhan Muncar, kemarin (3/10)

MUNCAR  – Upacara ritual petik laut yang digelar para nelayan Muncar, masih akan berlangsung pada Kamis (5/10). Tapi, suasana kemeriahan sudah terlihat sejak sepekan terakhir. Puluhan kapal slerek dan perahu milik nelayan, tanpak berjejer di kolam Pelabuhan Muncar, Desa Kedungrejo, Kecamatan Muncar dengan bersolek warna warni.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Para nelayan yang ada di ujung timur Pulau Jawa ini, tampaknya sudah Siap menyambut upacara tradisional petik laut yang digelar setiap tahun itu. ”Semua persiapan sudah selesai, tinggal pelaksanaannya,” cetus Sudirman, salah satu panitia Petik Laut Muncar.

Loading...

Seperti upacara petik laut sebelumnya, terang dia, kapal milik para nelayan itu akan mengantar gitik sesaji hingga ke tengah laut. Warga biasanya juga banyak yang ikut ke tengah laut dengan naik kapal tersebut. “Tinggal pelaksanaannya saja,” katanya.

Salah satu nelayan, Sugeng, 43, asal Dusun Kalimati, Desa Kedungringin, Kecamatan, mengatakan, untuk menyambut petik laut ini sengaja menghias kapal miliknya dengan memberi pita dan umbul-umbul.

Selain itu, juga menambah aksesoris dan sound system. “Setiap petik laut, kapal harus tampak baru,” ujarnya.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2