Berita Terkini Seputar Banyuwangi
Sosial  

Pelabuhan Ketapang Dipenuhi Antrean Kendaraan

BANYUWANGI – Ratusan kendaraan roda empat menumpuk di areal parkir dalam Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi. Pantauan CCTV ATMC Dinas Perhubungan Banyuwangi, tempat parkir pelabuhan dipenuhi oleh ratusan kendaraan jenis roda empat. Bahkan beberapa truk juga nampak ikut mengantri, Kamis (5/7/2018) pagi.

Petugas Syahbandar Pelabuhan ASDP Ketapang Banyuwangi Widodo membenarkan adanya antrean itu. Dia mengatakan, antrean tersebut karena adanya perawatan fender dermaga.

“Dalam dunia perkapalan, fender adalah bumper dari karet yang digunakan untuk meredam benturan yang terjadi pada saat kapal akan merapat ke dermaga atau pada saat kapal sedang ditambatkan tergoyang oleh gelombang atau arus yang terjadi di pelabuhan,” ungkap Widodo.

Hal itulah yang mengakibatkan adanya antrean kendaraan karena jumlah dermaga beroperasi berkurang.

Menurut Widodo, selain adanya perawatan, alasan lainnya adalah juga karena potensi angin kencang dan gelombang tinggi. Hal itu, berimbas pada kendaraan yang mengantre menuju ke arah Bali.

“Mulai bulan Mei hingga Agustus kan gelombang lagi tinggi-tingginya, itu juga jadi alasan,” jelasnya.

Meski demikian Syahbandar ASDP Ketapang menyampaikan jika proses perawatan fender dermaga diperkirakan akan selesai hingga sore nanti.

WP Radio
WP Radio
OFFLINE LIVE