Satgas Pangan Gelar Sidak Pantau Harga Bahan Pokok

0
105
Foto: detik

BANYUWANGI – Tim Satgas Pangan Polres Banyuwangi melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke pasar dan sejumlah toko penjual sembako, Minggu (12/5/2019).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Dilansir dari detikcom, sidak dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan harga seiring melonjaknya sejumlah harga pokok saat ramadhan. Pasar Blambangan dan Pasar Banyuwangi menjadi target sidak.

“Sidak ini guna memonitor harga kebutuhan pokok di pasar tradisional. Kami ke pasar hanya untuk memonitor harga kebutuhan pokok, dan memastikan stok bahan pokok di Banyuwangi,” kata Kapolres Banyuwangi, AKBP Taufik Herdiansyah Zeinardi yang didampingi Kepala Disperindag Sih Wahyudi serta Kepala Bulog Sub Divre Banyuwangi David Susanto.

Dipilihnya Pasar Blambangan dan Banyuwangi sebagai target sidak karena aktivitas jual beli di pasar tersebut padat setiap harinya.

“Ini juga bagian untuk antisipasi adanya kecurangan yang dilakukan oleh oknum pedagang yang menaikkan harga sembako secara sepihak,” ungkap
AKBP Taufik.

“Sementara ini kami masih belum temukan pedagang “nakal”, tapi jika kita temukan langsung akan kami tindak tegas,” terangnya.

Selain monitoring harga, tim juga akan melakukan pengawasan adanya penggunaan bahan pengawet dalam sebuah makanan dan timbangan yang tidak sesuai.

“Pada umumnya stok bahan pokok di Pasar Banyuwangi masih relatif aman. Kita juga belum menemukan adanya bahan-bahan yang disinyalir berbahaya, yang dipakai oleh para pedagang. Untuk itu, kami akan terus melakukan sidak dan pengawasan terhadap para penjual yang memakai bahan berbahaya,” tegas AKBP Taufik.

Sementara itu, hasil sidak ke Pasar Banyuwangi harga sejumlah bahan kebutuhan pokok mulai cenderung turun dan kembali normal.

Harga bawah putih misalnya, yang sempat meroket Rp 80 ribu/kg di awal ramadhan, kini telah turun. Bumbu dapur yang satu ini harganya melorot di kisaran Rp 40 ribu/kg. Begitu juga dengan bawang merah juga ikut turun. Dari semula harga Rp 50 ribu/kg kini menjadi 25 ribu/kg.

“Bawang putih sudah turun menjadi Rp 40 ribu/kg dari semula Rp 70 ribu/kg,” kata Jumadi, salah satu pedagang pasar Banyuwangi.

Loading...

Jual Permen SOLOCO Obat Kuat Bandung COD 087722250111

Jual Permen SOLOCO Obat Kuat Bandung COD 087722250111

Bandung COD – Hp : 0877-2225-0111 Jual Permen SOLOCO Asli Di Bandung | Agen Permen SOLOCO Obat Kuat Bandung |…
05/17/2019
bandung
[yuzo_related]