Setengah Jam 500 Masker Gratis Ludes

0
363

ABU vulkanik Gunung Raung menyebar  ke mana-mana. Kota Banyuwangi juga kena dampaknya. Mulai Kamis malam (9/7) abu berwarna hitam pekat itu bertebaran  dan mengganggu aktivitas warga. Jalanan penuh debu. Kondisi itu menggugah kepedulian sejumlah masyarakat.

Jawa Pos Radar Banyuwangi bersama Pesona Ijen & Travel, Hotel Santika, dan  BCA, membagikan masker gratis kepada pengguna jalan. Pembagian masker gratis itu dipusatkan di Simpang Lima, Banyuwangi, pukul 13.30. Animo warga dengan pembagian masker itu luar biasa.

Sebab, sebelumnya belum ada satu lembaga yang punya inisiatif bagbagi masker. Tak pelak, dalam tempo setengah jam, 500 masker ludes dibagikan. ”Kita hanya peduli. Melihat warga yang lewat di jalan terganggu abu Gunung Raung, kita putuskan membagikan masker gratis,’’ ujar Supriyadi, owner Pesona Ijen & Travel.

Sementara itu, masyarakat diimbau waspada dengan abu vulkanik yang mulai ”menyerang” warga Banyuwangi. Kemarin  (10/7) Dinas Kesehatan (Dinkes)Banyuwangi mengunjungi beberapa  wilayah yang terkena dampak abu vulkanik.

Hasil identifikasi tersebut memperlihatkan, meski tidak berbahaya bagi kulit, debu vulkanik bisa berdampak  jika terhirup. Terutama, bagi mereka yang menderita asma dan alergi terhadap debu. Kepala Dinas Kesehatan Banyuwangi, dr. Widji Lestariono mengatakan, sampai kemarin  sore (10/7) dirinya sudah meninjau beberapa lokasi yang diperkirakan terkena dampak paling parah abu Gunung Raung.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2

Baca :
Mancing di Laut, Pria Asal Muncar Ditemukan Tewas Tenggelam