Sidak Hari Pertama Kerja, Bupati Azwar Anas: Pelayanan Publik Berjalan Normal

0
214
Foto: detik

BANYUWANGI – Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah lokasi layanan publik dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di hari pertama kerja pasca libur Lebaran, Senin (10/6/2019).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Selain ingin memastikan kehadiran karyawannya, Bupati Anas juga ingin memotivasi kinerja karyawan pasca merayakan Hari Raya Idul Fitri.

Dilansir dari detikcom, sidak pertama dilakukan di Kantor Dinas Pemukiman dan Perumahan (DPKP) dan Dinas Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) yang lokasinya berdekatan. Di sana, Bupati Anas langsung mengecek kehadiran karyawan dan melihat kondisi seluruh kantor.

Sidak lalu dilanjutkan di Dinas Perikanan dan Pangan, Dinas Kominfo, Kantor Inspektorat, Dinas Kesehatan, dan Badan Kepegawaian dan Diklat.

“Sidak ini untuk pastikan tidak ada PNS yang absen di hari pertama kerja. Hasilnya, secara umum hadir semua, sesuai ketentuan dari pemerintah tentang kehadiran karyawan di hari pertama kerja,” papar Bupati Anas.

Secara umum, lanjut Bupati Anas, pelayanan di seluruh SKPD telah berjalan dengan baik di hari pertama. Hal itu terpantau dari sistem informasi yang terpusat di Dinas Kominfo.

“Setiap kantor sudah siap bekerja kembali setelah libur lebaran,” imbuh Bupati Anas.

Saat mengecek di Kominfo, Bupati Anas ditunjukkan sistem di seluruh SKPD berjalan, yang artinya semua pelayanan publik berjalan normal.

Selain itu, Bupati Anas juga meninjau kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil serta Puskesmas Mojopanggung untuk memastikan pelayanan masyarakat berjalan dengan baik. Di sana, Bupati Anas langsung bertanya kepada warga seputar pelayanan yang dilakukan pemda pasca Lebaran.

“Bapak mengurus apa. Tadi datang jam 8 kemari apa kantor Dispendukcapil sudah buka pak? Sudah berapa lama mengurusnya?” tanya Anas kepada Sugiharto, warga yang tengah mengurus surat kependudukan.

Sugiharto pun menjawab, “Tadi saya datang jam 8 sudah buka pak. Kini tinggal tunggu antri dipanggil saja, mau mengurus surat pindah domisili”.

Khusus kepada petugas Dispendukcapil, Bupati Anas meminta agar mereka membuka pelayanan ekstra bagi warga.

“Biasanya mudik Lebaran ini digunakan warga rantau untuk sekalian mengurus dokumen kependudukan yang dibutuhkan,” kata Bupati Anas.

Sehingga semua karyawan diminta siap kerja ekstra hingga lembur untuk mengatasi membludaknya pemohon pelayanan.

Momen sidak tersebut juga dimanfaatkan Bupati Anas untuk memotivasi karyawan agar menciptakan suasana kantor yang nyaman untuk bekerja. Karena, suasana kantor dinilai sangat berpengaruh bagi kinerja PNS.

“Jika suasana kantor nyaman maka akan memberi energi positif,” tutur Bupati Anas.

“Secara umum, suasana kantor-kantor sudah bagus, mulai dari tata ruang, kebersihan, penghijauan juga pemanfaataan tata ruang,” ungkapnya.

Memang diakui masih ada yang kurang, namun ke depan akan di evaluasi, khususnya kantor pelayanan publik seperti puskesmas.

Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat (BKD) Banyuwangi, Nafiul Huda menambahkan bahwa di hari pertama kerja ini terdapat sembilan ASN yang absen dengan berbagai alasan kepentingan.

“Ada yang alasan sakit, ada juga keperluan keluarga, tapi tidak ada yang tanpa keterangan,” ungkap Nafiul.

Dari mereka yang absen tersebut tetap akan dilaporkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara mengacu dengan peraturan yang telah ditetapkan.

“Sembari mereka juga diberi peringatan dari pimpinan masing-masing,” pungkasnya.

Loading...

There were no listings found.