Tari Gandrung Banyuwangi Meriahkan HUT ke-72 RI di Istana Negara

0
1454
Tari Gandrung pada peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober tahun lalu. (Foto: timesbanyuwangi.com)

JAKARTA – Tari Gandrung, kebanggaan masyarakat Banyuwangi, kembali mendapatkan kehormatan untuk tampil di perhelatan resmi nasional di Istana Negara. Tarian itu bakal menyemarakkan peringatan kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan, penampilan tari Gandrung dalam acara resmi nasional merupakan kehormatan bagi warga daerah. Sebelumnya, seniman-seniman belia Banyuwangi juga membawakan tari Gandrung pada peringatan Sumpah Pemuda 28 Oktober tahun lalu di hadapan Presiden Joko Widodo.

“Ini merupakan apresiasi tinggi dari pemerintah pusat, dari Presiden, dari kementerian terkait dan Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) yang menjadi panitia, terhadap kekayaan seni budaya Nusantara. Artinya, kita semua sepakat bahwa keragaman seni budaya Nusantara ini bukan menjadi pemecah belah, tapi perekat bangsa,” ujar Anas.

Informasi dari jejaring TIMES Indonesia menyebutkan, bupati berusia 43 tahun itu menambahkan, dengan diundangnya kesenian daerah ke Istana, para seniman yang membawakannya bakal memperoleh pengalaman berharga tak terlupakan. Apalagi, mayoritas yang tampil adalah anak-anak muda usia Sekolah Menengah Atas (SMA).

“Seperti pengalaman tampil di peringatan Sumpah Pemuda di Istana pada tahun lalu, menjadi pengalaman tak ternilai bagi pelajar SMA di Banyuwangi yang membawakannya. Ini bisa menjadi spirit bagi anak-anak muda untuk berkarya lebih baik dan lebih keras dalam mengejar mimpi-mimpinya,” papar Anas.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last