Sambut Imlek, Siap-siap Bersihkan Patung Dewa

  • Bagikan

Umat-sudah-mulai-bersembahyang-menyambut-datangnya-tahun-baru-Imlek-di-Klenteng-Hoo-Tong-Bio,-Banyuwangi,-kemarin.

BANYUWANGI – Suasana Imlek di Banyuwangi  belum begitu terasa. Hanya sedikit instansi perbankan yang terlihat sudah mendekorasi ruang dengan nuansa Imlek.  Salah satu hotel berbintang di Banyuwangi, Hotel Santika, juga belum membuat dekorasi ornamen-ornamen Imlek.

General Manager Hotel Santika Banyuwangi, Fabian, melalui sekretarisnya, Evelyn Mey Fanny, menyatakan pemasangan dekorasi nuansa  Imlek akan dilakukan di hotel tersebut pada Rabu mendatang (3/2). Hal yang sama juga terlihat di Klenteng Hoo Tong Bio di Kelurahan Karangrejo, Kecamatan Banyuwangi.

Biasanya nuansa Imlek sudah terasa di Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Nara Raksita Hoo Tong Bio tersebut  seminggu sebelum perayaan.  Ketua Tempat Ibadah Tri  Dharma (TITD) Hoo Tong Bio, Oei Sioe San, menyatakan meski  telah mendekati tahun baru  Imlek, dekorasi untuk nuansa  Imlek belum menjadi prioritas.

Hal itu mengingat bangunan  TITD Hoo Tong Bio masih dalam  proses pembangunan. “Ada perbedaan dari tahun sebelumnya. Waktu itu masih ada bagian  gedung yang memungkinkan dihias dengan lampion. Apalagi, banyak sarana yang ikut terbakar pada 2014 lalu. Jadi ditunda dulu,” katanya ditemui kemarin (1/2).

Meski demikian, ritual pra-Im lek,  seperti membersihkan patung dewa  dan sembahyang, tetap dilakukan. Pembersihan patung dewa akan dilakukan 6 Februari mendatang.  Sembahyang menyambut Imlek sudah dilakukan umat sejak kemarin  malam.

“Mereka mendoakan leluhur, kehidupan pribadi, dan keluarga,” ucapnya. Perayaan malam Imlek Senin mendatang (8/2) akan dilaksanakan dengan sederhana. Meski demikian, tetap ada kemungkinan pada 13 Februari mendatang kelompok umat dari delapan TITD di Banyuwangi merayakan Imlek bersama di Klenteng Hoo Tong Bio.

Sementara itu, sesepuh di Lingkungan Hoo Tong Bio, Indrana Cahya, menambahkan tahun ini adalah tahun monyet api.  Monyet api merefleksikan sesuatu yang tidak stabil dan sedikit berambisi. “Sama persis dengan  sifat monyet yang suka jahil dan  banyak tingkah. Jadi, harus lebih  berhati-hati saja. Harapannya tahun ini yang muda semakin maju dalam mewujudkan cita-cita dan yang tua lebih berhati-hati,” jelasnya. (radar)

  • Bagikan
%d blogger menyukai ini: