TNI AL Latihan Perang di Pantai Grajagan

0
123

PURWOHARJO – Pantai Grajagan, Kecamatan Purwoharjo menjadi tempat pelaksanaan latihan praktek (Lattek) kolone konvoi angkutan militer siswa pendidikan pertama tam tama prajurit karier (Dikmata PK) TNI AL Angkatan XXXVI gelombang I tahun 2016.

Kegiatan yang dipimpin Letkol Laut (T) Sarno, itu melaksanakan latihan kolone malam, atau mengemudi kendaraan dalam keadaan gelap tanpa lampu penerangan. Latihan itu dengan rute dari lokasi wisata Grajagan sampai  jalan simpang tiga hutan jati arah Dusun Curah Jati, Desa Grajagan, Kecamatan Purwoharjo dengan pulang  pergi mulai pukul 03.30.

Selama menggelar latihan itu, mereka juga menyerahkan bantuan sarana olah raga, buku tulis, dan buku bacaan   di SDN 3 Grajagan. Selanjutnya, rombongan itu kembali menuju Lanal  Banyuwangi. “Ada 25 siswa Dikmata PK yang dilatih di Pantai Grajagan,” ungkap Komandan TNI AL (Danlanal) Banyuwangi, Letkol Laut (P) Nazarudin.

Menurut Danlanal, lattek kolone konvoi angkutan militer itu merupakan latihan puncak dari rangkaian latihan mengemudi angkutan tempur siswa  Dikmata PK TNI AL kejuruan angkutan. “Lattek merupakan aplikasi teori dari pelajaran di kelas,‘’  ungkapnya.

Lattek kolone konvoi angkutan militer itu, terang dia, dirancang dengan jarak yang cukup jauh, waktu yang cukup panjang, dan berbagai medan dan  problem yang sulit. Itu semua agar setiap   siswa bisa disiplin, patuh, dan taat kepada para pengasuh dan pembimbing.

Menurut Danlanal, Banyuwangi saat ini juga tengah dijadikan tempat latihan oleh pasukan elit TNI AL yakni pasukan Komando Pasukan Katak  (Kopaska). Mereka sedang melakukan  latihan di perkebunan Selogiri. “Pasukan elit TNI AL juga berlatih di Banyuwangi, nanti juga ada latihan intai amfibi di Pantai Lampon, Kecamatan Pesanggaran,” katanya. (radar)

Loading...