Waspada! Pemukiman Lereng Gunung Ijen Banyuwangi Berpotensi Banjir Bandang

0
1204
Foto: TIMES Banyuwangi (Banjir bandang di Kecamatan Ijen, Bondowoso)

BANYUWANGI – Terbakarnya ratusan hektare hutan di kawasan pegunungan Ijen, Banyuwangi, tempo lalu, patut diwaspadai masyarakat di pemukiman lereng gunung. Pasalnya, tinggi curah hujan akhir-akhir ini berpotensi menimbulkan banjir bandang sewaktu-waktu.


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Dilansir dari TIMES Banyuwangi, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banyuwangi, meminta masyarakat di pemukiman kaki Ijen untuk mewaspadai hal tersebut. Menyusul, banjir bandang telah menerjang dua desa di Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso pada Rabu (29/1/2020) lalu.

Loading...

“Banjir bandang yang terjadi di Sempol, sangat mungkin terjadi di Banyuwangi,” kata Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Banyuwangi, Eka Muharram, Sabtu (1/2/2020).

Berdasarkan analisa banjir bandang yang melanda Kabupaten Bondowoso, material yang terbawa merupakan sisa-sisa kebakaran hutan dan lahan di TWA Kawah Ijen.

Matinya ribuan pohon akibat kebakaran, menyebabkan akar pohon tidak mampu menahan air hujan yang cukup tinggi. Longsor pun terjadi dan menyebabkan banjir lumpur disertai material kayu sisa kebakaran hutan.

Lanjutkan Membaca : 1 | 2