Pedagang Hewan Dadakan Ramai di Sepanjang Jalan Banyuwangi

0
160
Handi pedagang hewan kurban di Jl Kepiting, Kelurahan Sobo, Kecamatan Banyuwangi. (Foto: memo-x.com)

BANYUWANGI – Jelang hari raya Idhul Adha atau hari raya kurban, banyak pedagang hewan dadakan muncul di sepanjang jalan Banyuwangi.

Hewan-hewan itu di jual dengan harga yang sangat bervariasi, mulai harga Rp 1,5 juta hingga Rp 3,750 juta sesuai dengan besar kecilnya hewan, untuk jenis kambing.

Loading...

Salah satunya Handi yang berjualan hewan kurban di pinggir Jl Kepiting. Dia mengaku sudah melakoni jualan hewan kurban, 5 tahun ini, dan sudah banyak langganannya.

“Untuk hari raya kurban tahun ini permintaannya lebih banyak dari tahun kemarin. Saat ini ada sekitar 70 kambing yang di jajakan,” kata Handi, Senin (21/8/2017).

Menurut Handi, untuk jualan hewan kurban, dirinya tidak asal menjual kambing saja. Karena harus sesuai dengan ketentuannya. Selain hewan itu sehat, tidak cacat dan hewan itu harus sudah powel.

“Inshaallah mas, hewan-hewan yang saya jual ini semuanya sehat. Tidak ada yang sakit, dan sesuai dengan aturan agama. Jangankan cacat, untuk hewan agak sakit saja tidak saya pasarkan,” terangnya.

Lebih lanjut Handi mengaku, untuk pedagang hewan kurban rata-rata tahu kriteria hewan yang dijualnya. Karena pada H-6 petugas dari dinas peternakan akan melakukan pemeriksaan hewan di pasar hewan maupun di tempat-tempat penjualan hewan kurban yang dirinya lakukan ini.

“Biasanya pada H-6 hari raya kurban, petugas dsri dinas Perternakan akan memeriksa hewan-hewan yang di perdagangkan. Alhamdulillah sejak saya melakoni jualan hewan kurban, belum pernah hewan dagangannya yang terkena penyakit,” tandasnya. (memo-x.com)

loading...