Ombak Perairan Muncar Belum Bersahabat

0
375
Puluhan nelayan merajut jaring yang sobek

MUNCAR – Ombak di daerah perairan Muncar, ternyata masih belum bersahabat. Para nelayan di daerah penghasil ikan terbesar di Indonesia itu, hingga kemarin (27/8) masih banyak yang melempar jangkar.

Loading...

Untuk mengisi libur kerja itu, para nelayan memperbaiki jaring yang di pelabuhan. “Untuk bulan ini tangkapan menurun, terakhir kerja hanya dapat empat ton saja,” cetus Syamsul Arifin, 60, nelayan asal Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar.

Menurut Syamsul, hasil tangkapan yang menurun itu juga disebabkan oleh jaring yang banyak sobek dengan ukuran besar, lebar sehingga ikan berhasil lolos lewat celah sobekan itu. Jaring miliknya itu, panjang sekitar 400 meter dengan kapasitas tangkapan hingga 15 ton.

“Kalau sedang beruntung, sekali lempar jaring bisa mendapat 15 ton ikan, tapi kalau jaringnya sobek, ya banyak yang lolos,” ungkapnya.

Jaring yang sobek itu biasanya karena menyangkut di karang. Untuk menjahit, harus teliti dan telaten karena cukup rumit. “Untuk menjahit jaring ini terkadang butuh waktu tiga hari,” terang Ahmad Dewa. 45, nahkoda kapal Sumber Rahmat. (radar)

loading...


Kata kunci yang digunakan :