Diserbu Nyamuk Ijo

1
228

diserbu-nyamuk-ijo

Tidak Menggigit, Warga Diimbau tak Perlu Cemas

TEGALSARI – Selama sepekan terakhir ini, warga yang tinggal di Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari dihebohkan dengan  munculnya spesies nyamuk berwarna hijau, atau oleh warga setempat disebut nyamuk ijo. Anehnya, nyamuk yang banyak ditemukan di sejumlah titik di Desa Karangdoro itu  paling banyak muncul pada pagi hari.  Daerah yang banyak ditemukan di Pasar  Blokagung, Desa Karangdoro dan di SDN 2 Karangdoro.

“Untuk sementara, munculnya nyamuk ijo itu masih aman,” cetus salah satu guru SDN 2 Karangdoro, Ghufron Rusadi, 35. Menurut Ghurfon, nyamuk ijo itu muncul  kali pertama sekitar dua pekan lalu. Saat  muncul pertama itu jumlah yamuk ijo  sangat banyak. Sebelum jam pelajaran  dimulai, banyak nyamuk ijo yang menempel  di dinding kelas.

“Para siswa banyak yang  takut,” katanya. Saat itu juga, sekolah langsung melaporkan kepada Pemerintah Desa Karangdoro dan  Puskesmas Tegalsari.  Untuk mengurangi jumlah  nyamuk itu, sekolah bersama warga  sekitar melakukan penyemprotan  dengan obat nyamuk.

“Kita semprot bareng-bareng,” ujarnya. Menurut Ghufron, selama munculnya nyamuk ijo itu para siswa  dan warga sekitar sekolah tidak ada  yang mengalami sakit atau gejala lainnya. “Anak-anak tidak ada yang  sakit, katanya bu dokter nyamuknya  tidak berbahaya,” jelasnya.

Kepala Puskesmas Tegalsari, dr. Asiyah Aswin, saat dikonfirmasi mengatakan saat mendapat laporan ada nyamuk ijo itu sempat kaget. Selama bertugas  di Puskesmas Tegalsari, ada nyamuk  ijo ini baru sekarang. “Ini kali pertama ya, sebelumnya tidak ada nyamuk  ijo,” ucapnya.

Saat ada laporan dari warga ada  nyamuk ijo, pihaknya berkoordinasi dengan Pemerintah Desa Karangdoro  dan langsung melakukan penyemprotan dengan menggunakan insektisida. “Saat itu langsung kita semprot dengan  obat serangga, ” jelasnya.

Asiyah mengimbau warga tidak perlu panik dengan munculnya nyamuk ijo tersebut. Pihaknya  su dah berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banyuwangi dan dipastikan nyamuk itu merupakan nyamuk  yang tidak mengisap darah, melainkan tanaman. “Itu jenis  nyamuk yang banyak di tumbuhan,” ungkapnya. (radar)

Loading...