The Latest Collection of News About Banyuwangi
English VersionIndonesian
Social  

Bupati Resmi Buka Festival Ramadan 2016

Register your email to Subscribe to news delivered directly to your mailbox

Bupati-Anas-memukul-beduk-sebagai-tanda-dimulainya-kegiatan-Festival-Ramadan-2016-di-halaman-Stadion-Diponegoro-kemarin

BANYUWANGI – Bulan Ramadan tahun ini tampaknya bakal spesial bagi warga, khususnya yang tinggal di Banyuwangi. How not, ada banyak momen istimewa yang digelar di Kota Gandrung. Salah satunya Festival Ramadan 2016.

Ada beberapa kegiatan yang masuk dalam rangkaian Festival Ramadan 2016. Definite, kegiatan yang diselenggarakan beraroma religi dan bernuansa Islam. Kemarin sore Festival Ramadan 2016 itu resmi dibuka di halaman Stadion Diponegoro, Banyuwangi.

Pembukaan Festival Ramadan 2016 itu ditandai pemukulan beduk oleh Bupati Anas yang didampingi Wakil Bupati Yusuf Widyatmoko, Kapolres AKBP Budi Mulyanto, Dandim 0825 Lieutenant Colonel (Inf) Roby Moon, dan Sekkab Slamet Karyono.

Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Banyuwangi, Samsudin Adlawi, dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH. Muhamad Yamin juga ikut hadir. Pembukaan tersebut juga dihadiri para pejabat satuan kerja perangkat daerah (SKPD), mulai kepala dinas, kepala badan, hingga para camat.

Ada beberapa kategori yang masuk dalam rangkaian Festival Ramadan tahun ini, yaitu Tartil Al-Quran, Hadrah Pelajar, Festival Patrol, dan Islamic Expo. Khusus Tartil Al-Quran, pelaksanaannya disebar di semua kecamatan di Banyuwangiyang berlangsung mulai tanggal 9 until 27 June.

Festival Hadrah Pelajar diselenggarakan pada 10 until 11 June. Peserta yang ikut ternyata bukan hanya melibatkan regu dari sekolah tingkat SMA di Banyuwangi, tapi juga diikuti peserta dari berbagai daerah, termasuk Bali.

Festival Patrol akan berlangsung selama dua hari. Even tersebut akan dimulai tanggal 26 until 27 June. Lomba patrol tersebut akan melibatkan banyak grup patrol di Banyuwangi. Regent Anas said, lomba patrol menjadi tradisi setiap bulan Puasa sejak zaman dulu. Therefore, tradisi tersebut harus dipertahankan.

‘’Kalau dulu patrol keliling kampung-kampung pada saat bulan Ramadan, maka Festival Patrol ini mengingatkan kita pada masa itu,'' he said. Semua lomba dalam Festival Ramadan akan dipusatkan di Stadion Diponegoro, Banyuwangi. Khusus Festival Tartil Al-Quran bertempat di setiap kecamatan.

‘’Semoga Festival Ramadan ini berjalan lancar dan sukses,"hope". Satu lagi yang masuk dalam rangkaian Festival Ramadan tahun ini, yaitu Islamic Expo. Kali ini even itu berlangsung lebih lama dibandingkan festival yang lain. Islamic Expo akan dimulai tanggal 9 until 27 June. Pembukaan Festival Ramadan tersebut dibarengi santunan anak yatim piatu. (radar)