Edukasi Masyarakat Sadar Sampah

0
243

SILIRAGUNG-Bendungan Kemloso yang berada di Desa Barurejo, Kecamatan Siliragung, kini menjadi jujugan wisata para remaja dan kalangan muda. Sejak dicat warna warni, bendungan yang berada di bawah Korek Pesanggaran itu hampir tidak pernah sepi.

Loading...

Para remaja yang umumnya pelajar SMA itu  datang usai pulang sekolah, atau pagi bila libur  sekolah. Di tempat itu, biasanya foto selfie. “Ini  berkat kerja sama seluruh jajaran dengan swadaya melakukan perbaikan, juga bantuan Pak Nur Salim selaku petugas teknik gabungan HIPPA,” cetus Korek Air Pesanggaran, Sugiyono.

Perbaikan dan cat warna warni itu, terang dia, tidak hanya di Bendungan Kemloso saja, tapi  di seluruh aset Korek Air Pesanggaran, di antaranya  di jalan simpang empat Pedotan, Desa Kebondalem, Kecamatan Bangorejo dan di depan  kantor Pengairan Pesanggaran. Respons warga  cukup bagus dengan mendatangi dan mengabadikan lokasi tersebut.

“Sekarang banyak yang  unggah di Facebook,” ucapnya. Tidak hanya sedap dipandang mata, perubahan  bendungan itu juga berdampak baik bagi masyarakat sekitar. Saat ini, secara tidak langsung  masyarakat telah teredukasi untuk lebih sadar  dalam menjaga kebersihan di sekitar bendungan.

“Destinasi itu sudah mampu merangsang  masyarakat untuk melihat dan memunculkan rasa malu membuang sampah di sungai,” jelasnya.  Sugiyono menyebut selama ini ada mitos  kalau di bendungan Kemloso itu ada ular raksasa  yang bertapa di bendungan. Dan itu, diharapkan   bisa menjadi daya tarik sekaligus pendukung dalam pelestarian lokasi tersebut. (radar)

loading...


Kata kunci yang digunakan :