Pemkab Banyuwangi Anggarkan Rp 700 Juta Untuk Biaya Transportasi Haji

0
623
Suasana pemberangkatan Calon Jamaah Haji (CJH) asal Banyuwangi didepan kantor Bupati setempat.

Untuk Pemberangkatan dan Pemulangan Jamaah Haji

BANYUWANGI – Kabar gembira bagi calon jamaah haji (CJH) Banyuwangi. Tahun ini pemkab akan memfasilitasi proses pemberangkatan seluruh CJH dari Banyuwangi ke Asrama Haji Sukolilo, Surabaya.

Bukan hanya itu, pemkab juga bakal memfasilitasi proses pemulangan mereka dari Surabaya ke Bumi Blambangan.  Hal itu diungkapkan Kabag Kesra Pemkab Banyuwangi, Lukman, kemarin (5/6).

Dikatakan, pemkab telah menyediakan dana dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) untuk memfasilitasi transportasi CJH rute Banyuwangi-Asrama Haji Sukolilo pergi-pulang (PP).

Loading...

“Jadi, jika sebelumnya ditanggung pihak jamaah haji, tahun ini proses pemberangkatan CJH dari Banyuwangi menuju Surabaya maupun kepulangan jamaah haji dari Sukolilo ke Banyuwangi akan difasilitasi Pemkab,” ujar usai melakukan rapat kerja dengan Komisi II DPRD Banyuwangi.

Bahkan bukan hanya transportasi untuk CJH, pemkab juga akan memfasilitasi transportasi koper CJH dari Banyuwangi ke Asrama Haji Sukolilo maupun transportasi koper dari Sukolilo ke kabupaten berjuluk The Sunrise of Java ini.

“Itu merupakan bentuk fasilitasi pemberangkatan dan kepulangan jamaah haji Banyuwangi,” cetus mantan Camat Kabat tersebut.  Menurut Luqman, jumlah anggaran yang dialokasikan untuk memfasilitasi proses pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji tersebut mencapai sekitar Rp 700 juta.

“Dana tersebut dimanfaatkan untuk sewa armada bus dan seremonial pemberangkatan,” tuturnya.  Lebih jauh dikatakan, berdasar hasil koordinasi antara Bagian Kesmas dengan pihak Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Banyuwangi, diketahui jumlah CJH asal Bumi Blambangan mencapai kurang lebih 1.300 orang.

“Maka, kami akan menyediakan 70 bus untuk memfasilitasi pemberangkatan dan pemulangan para jamaah haji asal Banyuwangi tersebut,” cetusnya. Sementara itu, Ketua Komisi II, Handoko, mengatakan pihaknya mengingatkan agar penggunaan anggaran untuk memfasilitasi proses pemberangkatan dan pemulangan jamaah haji tersebut benar-benar tepat sasaran.

“Karena sudah difasilitasi dengan dana A PBD, jangan ada pungutan untuk pemberangkatan CJH dari Banyuwangi ke Surabaya maupun pemulangan dari Surabaya ke Banyuwangi,” tegasnya. (radar)

loading...