Ke Surabaya hanya 35 Menit

0
126
Loading...

Pesawat Wings Air Lewati Gunung

BANYUWANGI – Rencana pembukaan rute penerbangan Surabaya-anyuwangi Denpasar oleh maskapai Wings Air terus dimatangkan. Tim Lion Air sebagai induk perusahaan Wings Air sudah membicarakan masalah teknis rute tersebut bersama pihak Dinas Perhubungan (Dishub) dan pihak Bandara Blimbingsari.

Secara umum, rencana penerbangan perdana Wings Air sudah tidak ada persoalan. Walau demikian, Tim Lion Air harus benar-benar mempersiapkan secara matang agar penerbangan perdana pada 15 Maret 2012 mendatang berjalan lancar.Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan Udara dan Laut pada Dishubkominfo Banyuwangi, Ali Ruchi mengatakan, dalam penerbangan perdana nanti, Lion Air sebagai induk perusahaan Wings Air tidak mengagendakan seremonial. Dalam penerbangan perdana nanti, hanya ada acara pecah kendi sebagai tanda peresmian penerbangan Wings Air.

Prinsipnya, semua persiapan penerbangan perdana Wings Air sudah rampung. Izin rute penerbangan dari Kementerian Perhubungan RI sudah turun dan sudah dikantongi pihak Lion Air. Pesawat ATR buatan Prancis yang akan dioperasikan Wings Air berkapasitas 75 penumpang.

Hanya saja, 75 tempat duduk tersebut tidak bisa diisi semua, maksimal hanya 50 orang. Pembatasan jumlah penumpang itu terkait panjang run way (landasan pacu) Bandara Blimbingsari. Run way yang dimiliki Bandara Blimbingsari saat hanya 1.400 meter. Untuk memungkinkan pesawat jenis ATR terisi 100 persen, setidaknya dibutuhkan landasan pacu sepanjang 1.900 meter.

Perpanjangan run way bandara sedang diusahakan Bupati Abdullah Azwar Anas. Bupati Anas berencana mendatangkan Menteri Perhubungan RI, E.E. Mangindaan, untuk melihat langsung kondisi Bandara Blimbingsari di Kecamatan Rogojampi. Ali Ruchi menjelaskan, jadwal penerbangan yang telah disusun pihak Wings Air, perjalanan Surabaya-Banyuwangi hanya ditempuh dalam waktu 35 menit. Sebab, pesawat ATR milik Wings Air akan langsung melintas di atas gunung.

Sementara itu, penerbangan Banyuwangi-Denpasar hanya 30 menit. Namun demikian, menurut Ali, secara teknis jadwal yang disusun Wings Air itu sulit direalisasikan. Sebab, perjalanan Surabaya-Banyuwangi terhalang beberapa gunung. Oleh karena itu, pesawat harus memutar untuk menghindari gunung.

Lantaran penerbangan memutar, tidak mungkin Surabaya-Banyuwangi bisa ditempuh dalam tempo 35 menit. Selama ini, penerbangan Surabaya-Banyuwangi yang dilakukan pesawat Merpati Nusantara Airlines (MNA) ditempuh dalam waktu sekitar 50 menit. “Harga tiket dan jadwal penerbangan resmi sampai sekarang belum keluar, tapi segera menyusul dalam beberapa hari ini,” tegas Ali. (radar)

Loading...


Kata kunci yang digunakan :