Puluhan Pengusaha Beradu Suara Sound System

0
225
Operator mempersiapkan setting suara sound system sebelum diadu dalam kontes di Lapangan Lugjag, Desa Pengatigan, Kecamatan Rogojampi

ROGOJAMPI – Puluhan pengusaha dan pemilik sound system yang datang dari empat kabupaten eks Karesidenan Besuki tumplek blek, di Lapangan sepakbola Dusun Lugjag, Desa Pengatigan, Kecamatan Rogojampi, kemarin (14/10).

Mereka berkumpul guna mengikuti kontes sound system yang digelar oleh Banyuwangi Sound System Komunitas (BSSK). Sedikitnya ada 50 sound system yang dipasang berderet di sisi timur dan barat lapangan. Bagian tengah lapangan tenda dipasang memanjang, untuk tempat mixer dan peralatan operator.

Loading...

Dalam kontes tersebut, ada klasifikasi jenis sound system lokal dan built up. “Peserta kontes yang banyak sementara ini jenis lokal. Karena rakitan sendiri dan harganya juga lebih terjangkau,” ujar Harso, salah seorang operator Bima Sound System dari Dusun Krajan, Desa Bubuk, Kecamatan Rogojampi.

Ketua Panitia Kontes Puji Hermanto, 37, mengatakan kegiatan kontes sound system tersebut merupakan kali pertama diselenggarakan di Banyuwangi. Para peserta yang hadir tersebut hanya diperbolehkan membawa empat porver, masing-masing untuk empat jenis perangkat yakni high, mid, low, dan sub masing-masing dua box. “Player-nya bebas bisa menggunakan HP, laptop, atau VCD,” jelasnya.

Kontes tersebut merupakan ajang silaturahmi antar masing-masing pemilik dan pengusaha sound system yang ada di Banyuwangi, Jember, Situbondo, Bondowoso, dan Lumajang. Dari pertemuan itulah diharapkan ada sinergi dan komunikasi yang baik antar masing-masing pemilik sound system. “Ajang ini bisa menjadi tempat sharing dan juga tukar pengalaman antar masing-masing operator dan pengusaha sound system,” terangnya.

Lebih dari itu, masyarakat umum yang menyaksikan secara langsung dan gratis juga bisa melihat, mendengarkan sound system dengan kualitas suara yang baik, dan bagus. “Kegiatan ini juga bagian promosi dari pemilik untuk memperkenalkan kualitas sound system-nya kepada para pengunjung dan khalayak ramai,” tandasnya.(radar)

loading...