Memanfaatkan Tutup Botol Bekas Menjadi Gas Pengisi Balon

0
1958

Abidi-meniupkan-gas-ke-balon-karakter-kemarin


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

TUTUP botol bekas minuman berenergi dan sirup yang berbahan aluminium banyak dibuang percuma. Tapi bagi Abidi, 31, warga Dusun Krajan, RT 3, RW 9, Desa Gladag, Kecamatan Rogojampi, botol bekas itu sangat bermanfaat. Tutup botol bekas yang mengandung bahan campuran  aluminium itu, bisa dimanfaatkan menjadi gas pengisi balon.

Untuk bisa mengubah tutup botol bekas itu menjadi gas, Abidi terlebih dahulu membakar untuk menghilangkan plastik dan melunturkan besi pada bagian tutup botol tersebut. Selanjutnya, dibiarkan terkena angin. Setelah permukaan  tutup botol itu dingin dan bersih, akan berubah menjadi  hitam ke abu-abuan.

“Bahan dasarnya serpihan aluminium itu,” katanya. Bahan baku berupa serpihan aluminium, sangat sulit didapatkan. Kalaupun ada, harganya  juga relatif mahal. Saat ini, kemasan produk   hampir semua berbahan plastik. “Dulu saya memanfaatkan bekas kemasan pasta gigi, tapi saat ini sangat sulit didapat,” katanya.

Teknik menciptakan gas, sebenarnya tidak sulit. Dia hanya memasukkan tutup botol bekas yang sudah selesai dibakar ke dalam tabung kedap udara. Setelah bahan dimasukkan, lalu dicampur sedikit air dan soda api sesuai takaran. Semua bahan yang telah tercampur  di dalam tabung kedap udara, diaduk-aduk meng gunakan besi lantas ditutup rapat.

Lanjutkan Membaca : First |1 | 2 | 3 | Next → | Last

Baca :
Jelang Libur Nataru, Marine Inspector Cek Kesiapan Kapal Penyeberangan di Banyuwangi