Baru Hujan Sebentar, Perumahan Puri Rogojampi Kebanjiran

0
130
Jalan di perumahan Puri Rogojampi terendam dan dibuat mainan oleh anak-anak, kemarin (13/11)

ROGOJAMPI – Hujan yang turun tidak deras di wilayah Kecamatan Rogojampi, ternyata sudah membuat perumahan Puri Rogojampi, Desa/Kecamatan Rogojampi kebanjiran, kemarin (13/11). Penyebabnya, selokan yang berada di bagian utara tidak bisa mengalir ke sungai.

Meski air banjir tidak sampai masuk ke perumahan warga, tapi sudah membuat para penghuni resah. Sebab, itu mengurangi kenyamanan dan bisa mengancam penyakit. Banjir yang terjadi di perumahan itu, karena selokan yang baru milik perumahan dibuang ke perumahan warga. “Saluran air yang baru mengarah ke perumahan, jika air sungai meluap masuk ke perumahan,” terang ketua Paguyuban Perumahan Puri Rogojampi, H. Kurnianto.

Loading...

Menurut Kurnianto, saluran yang lama di perumahan selama ini sering tersumbat. Untuk mengatasi, oleh warga dibuka sistem buka tutup. “Aliran selokan lebih tinggi dari sungai,” katanya pada Jawa Pos Radar Genteng.

Gara-gara saluran air yang tidak benar itu, lanjut dia, turun hujan tidak deras perumahan sudah menggenang. Apalagi jika turun hujan deras, sejumlah rumah warga bisa tergenang. “Kalau hujan deras, air masuk ke perumahan,” cetusnya.

Kurnianto mengkhawatirkan bila sering turun hujan dengan deras, semua rumah di perumahan di Puri Rogojampi ini akan kemasukan air. “Saya ingin menjual rumah jika terus-terusan seperti ini,’’ cetusnya.

Warga perumahan Puri Rogojampi lainnya, H. Mujianto, 50, menyampaikan warga memang akan menjual rumahnya yang sudah dibeli itu. Itu karena sering kebanjiran. “Banyak yang mau menjual rumahnya,’’ katanya.

Mujianto berharap Pemerintah Desa Rogojampi dan Pemkab Banyuwangi mau peduli dengan kondisi warga yang rumahnya sering kebanjiran ini. “Kami ingin kepedulian dari pemerintah terhadap warganya,” harapnya. (radar)

loading...