Home / Pemerintahan / Dispora Bekali Pemuda dengan Keterampilan
  

Dispora Bekali Pemuda dengan Keterampilan

BANYUWANGI – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banyuwangi terus menggiatkan pelatihan keterampilan kewirausahaan dan kecakapan hidup para pemuda Banyuwangi.

Target pemuda yang akan diberi keterampilan ini mencapai 4.340 orang, yang tersebar di 24 Kecamatan dan 217 desa/kelurahan se Banyuwangi. Plt. Kepala Dispora Banyuwangi, Drs. Ahmad Khoirullah, MM mengatakan,  pelatihan keterampilan kewirausahaan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian dalam hal pembekalan keterampilan bagi masyarakat.

Secara khusus, pemuda diharapkan untuk bisa menciptakan usaha ekonomi produktif. Dalam hal ini, Dispora Banyuwangi memberikan bekal keterampilan kerajinan anyaman bambu, kerajinan batik, sari buah naga, dan pembuatan makanan olahan. Di Kecamatan Muncar, pelatihan ini digelar di Balai Desa Tembokrejo dan Balai Desa Kedungringin.

Di kecamatan ini ada sepuluh desa yang mendapat pelatihan dengan total 200 orang. Peserta diajari cara membuat kerajinan anyaman bambu, kerajinan batik, sari buah naga dan makanan olahan. Dikatakan, pelatihan ini berupaya untuk menanamkan jiwa, sikap, dan etika wirausaha kepada peserta didik, memberikan bekal pengetahuan tentang kewirausahaan.

Peserta juga mendapat bekal keterampilan di bidang produksi barang/jasa, mendorong dan menciptakan wira usahawan baru melalui kursus dan pelatihan. Hal itu didukung oleh dunia usaha dan industri, mitra-mitra usaha dan dinas/instansi terkait, sehingga dapat menciptakan lapangan kerja/usaha baru atau mengakses peluang kerja/ usaha yang ada.

Pelatihan kewirausahaan ini merupakan upaya untuk ikut mengentaskan kemiskinan melalui berbagai pelatihan keterampilan bagi warga masyarakat yang belum memiliki pekerjaan tetap sehingga nantinya mereka mempunyai tambahan penghasilan dan dapat hidup lebih mandiri,” kata Khoirullah. (radar)

Kabar Terkini Seputar Banyuwangi

↑ Grab this Headline Animator

Kata kunci yang digunakan :

Komentar Anda

About sidekick

Comments are closed.

Scroll To Top
Sudah Baca Ini ..?close