Panen Padi Goma 9 Ton per Ha

0
388
VARIETAS PADI LOKAL: Wabup Yusuf Widyatmoko saat menghadiri panen raya padi Goma karya THL-TBPP Banyuwangi di Glenmore.

GLENMORE – Dalam rangka mendukung program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN) yang ditargetkan mencapai sepuluh juta ton pada tahun 2014 mendatang, Forum Komunikasi (FK) Tenaga Harian Lepas-Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (THL-TBPP) Banyuwangi, menggelar Farmers Field Day (FFD).


Daftarkan alamat email Anda, setiap hari kami akan mengabarkan berita terbaru di Banyuwangi langsung ke email Anda.

Sudah daftar tapi tidak menerima email Mohon check folder SPAM.

Panen raya di lahan seluas lima hektare (ha) di Desa Tegalharjo, Kecamatan Glenmore, itu dihadiri Wakil Bupati (Wabup) Yusuf Widyatmoko. Hebatnya, padi varietas lokal “Goma” tersebut mampu menghasilkan panenan sebanyak sembilan ton per ha. Ini merupakan keberhasilan THL-TBPP dalam mengawal dan menciptakan varietas padi lokal yang tidak hanya tahan hama dan penyakit, tetapi juga menghasilkan beras bolpoin, serta produktivitas yang menjanjikan.

Loading...

Dalam sambutannya, Wabup Yusuf menyambut baik pengembangan padi varietas lokal yang memiliki ketahanan terhadap organism penyakit tanaman (OPT) tersebut. Wabup juga memberikan apresiasi yang tinggi terhadap kinerja THL-TBPP atas dedikasinya yang tinggi mangawal program swasembada beras tersebut. “Pemerintah akan terus memberikan kontribusi kepada kelompok-kelompok tani binaan THL-TBPP, agar petani mandiri dan kesejahteraannya meningkat,” ujarnya.

Ketua FK THL-TBPP Banyuwangi, Ir. Mahmud menambahkan, anggota THL-TBPP yang berjumlah 56 orang telah memberikan kontribusi terhadap program pemerintah, khususnya di bidang pertanian. Oleh karena itu, pemerintah perlu memperhatikan kesejahteraan mereka agar dapat melaksanakan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) dengan sebaik-baiknya. Dalam acara yang juga dihadiri Muspika Glenmor, PPL se-Banyuwangi, Kades Tegalharjo, serta seluruh Gapoktan binaan THL-TBPP se-Banyuwangi, itu Kepala Dinas Pertanian, Perkebunan dan Kehutanan Banyuwangi, Ir. H. Ikrori Hudanto, menyerahkan bantuan alat dan mesin pertanian berupa dua unit traktor tangan dan satu unit alat pembuat pupuk organic kepada petani di Kecamatan Glenmore. (radar)