BMKG: Waspadai Hujan Lebat

0
128

BANYUWANGI – Wilayah Banyuwangi dan sekitarnya saat ini memang masih memasuki musim penghujan. Namun, menjelang pergantian bulan ke bulan April, wilayah Banyuwangi sudah memasuki musim peralihan dari musim hujan ke musim  kemarau.

Meski memasuki peralihan ke musim kemarau, kewaspadaan terhadap terjadinya hujan lebat masih harus ditingkatkan. Sebab, potensi hujan lebat disertai petir besar kemungkinan masih terus akan terjadi. Dari  pantauan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG)  Banyuwangi, wilayah Banyuwangi  bagian selatan yang paling besar  memungkinkan terjadi hujan  lebat disertai petir.

”Sampai tiga hari ke depan hujan lebat disertai petir masih berpotensi terjadi. Angin yang  potensinya merusak juga bisa saja terjadi, harus tetap waspada,”  kata Yustoto Windiarto, prakirawan BMKG Banyuwangi.  Dia menjelaskan, potensi hujan lebat disertai petir dan angin kencang ini biasanya terjadi saat siang hari hingga sore hari.

Selain karena musim peralihan, kondisi seperti  ini juga disebabkan adanya tekanan  rendah di perairan selatan Pulau  Jawa hingga pe rai ran selatan Nusa  Tenggara Timur (NTT). ”Adanya  daerah tekanan rendah itu merupakan gangguan. Itu bisa memicu per tumbuhan awan,” tambahnya.

Selain itu, yang perlu diwaspadai  di musim peralihan dan adanya  pengaruh tekanan rendah ini  juga meliputi tinggi gelombang  di Laut Selatan. Pantauan BMKG Banyuwangi tiga hari ke depan, tinggi gelombang di laut bisa  mencapai ketinggian 3 sampai   4 meter.

”Dengan tinggi gelombang tersebut tentu juga tidak bersahabat dengan nelayan di laut, masyarakat nelayan harus waspada,” imbuhnya. Sementara itu, prediksi BMKG  Banyuwangi, musim hujan di  Banyuwangi bagian timur laut masih  akan berlangsung sampai awal hingga pertengahan bulan Maret.

Untuk wilayah Banyuwangi bagian utara hujan masih akan terjadi sampai pertengahan bulan April. Wilayah Banyuwangi sekitar barat  atau sekitar Gunung Ijen masih terus  berlangsung sampai akhir bulan  April hingga bulan Mei. Sementara untuk Banyuwangi bagian tengah hujan diprediksi terus berlangsung sampai akhir Juni.

”Banyuwangi bagian timur termasuk kota musim hujan berlangsung sampai bertengahan April. Untuk Banyuwangi  musim hujan diprediksi sampai  pertengahan bulan Maret,” pungkas Yustoto. (radar)

Loading...

Agen Bukalapak BANYUWANGI

Agen Bukalapak BANYUWANGI

Agen Resmi Bukalapak Banyuwangi Melayani pembelian; - Pulsa All operator - Pulsa Listrik - Pulsa internet - Pembelian voucher Game…
09/11/2017
Banyuwangi