Mendekati Idul Fitri, Harga Kambing di Pasaran Melorot !!!

0
328

Pedagang-di-pasar-hewan-Glenmore-membawa-pulang-kambing-dengan-kendaraan-bak-terbuka-kemarin

GLENMORE – Para peternak dan pedagang kambing kini banyak yang gelisah. Mendekati Idul Fitri, harga ternak itu di pasaran malah menurun drastis. Tragisnya, pembeli hampir tidak ada. Pantauan Jawa Pos Radar Genteng di Pasar Hewan Glenmore, banyak kambing yang akan dijual para pedagang masih utuh.

Hingga siang nyaris tidak ada pembeli. Sehingga, kambing dagangannya itu dibawa pulang lagi. Salah satu pedagang kambing, Jainul, 40, asal Desa Setail, Kecamatan Genteng, mengatakan hingga tengah hari dari tujuh ekor kambing yang dia bawa, hanya dua ekor yang laku.

Yang lebih memprihatinkan, harga kambing yang biasanya mencapai Rp 1 juta per ekor, kini turun menjadi Rp 750 ribu per ekor. Bahkan, ada yang hanya laku Rp 400 ribu. “Kita ini rugi. Kambing ramban yang harganya Rp 1,5 juta per ekor, ini hanya laku Rp 1 juta per ekor,” katanya.

Turunnya harga kambing itu berdampak terhadap tingkat penjualan. Para pedagang mengaku mengalami penurunan penjualan hingga 50 persen dari musim biasanya. “Saya membawa kambing 30 ekor. Ini yang laku cuma delapan ekor, biasanya bisa laku lebih dari separo,” cetus Ibrahim, 45, pedagang kambing dari Desa Genteng Wetan, Kecamatan Genteng.

Menurut Ibrahim, menurunnya harga kambing itu dipengaruhi banyaknya kegiatan dan momen yang bersamaan, seperti Ramadan dan pendaftaran siswa baru. Itu berdampak langsung terhadap kemampuan warga dalam membeli kambing.

“Saya tidak tahu, tapi pembelinya memang sedikit dibandingkan puasa tahun lalu,” jelasnya. (radar)

Loading...
loading...

Kata kunci yang digunakan :