Spesialis Pembobol Rumah Asal Jember Diciduk Polisi

0
207
Polisi memperlihatkan tersangka pembobol rumah mewah.

Libatkan Sindikat Jember, Pelaku Baru Keluar Lapas

BANYUWANGI – Spesialis pembobol rumah di Kawasan perumahan mewah digulung polisi, kemarin. Mereka dibekuk setelah menyatroni tiga rumah mewah di Banyuwangi. Pelakunya ternyata melibatkan sindikat dari Jember.

Mereka adalah Mochamad Gholib, 41, warga Dusun Krajan Timur I, Desa/Kecamatan Jelbuk dan Hero lbnu Suhel, 35, warga Jalan Kepodang, Lingkungan Krajan, Kelurahan/Kecamatan Patrang, Jember. Ulah keduanya memang sangat meresakan warga terutama yang tinggal dikawasan perumahan elit.

Kedua tersangka kini diamankan di Mapolres Banyuwangi. Keduanya dibekuk usai polisi mendapat laporan ada aksi pencurian dengan sasaran rumah mewah di kawasan Banyuwangi.

Korbannya adalah Dhana Yudha Setiawan, 37, warga Lingkungan Brawijaya, Kelurahan Kebalenan Kecamatan Banyuwangi. Kasus pencurian itu terjadi sewaktu pemilik rumah sedang tidur lelap sekitar pukul 02.00, Rabu lalu (4/10).

Loading...

Dari hasil penyelidikan polisi diketahui jika pelaku diduga adalah residivis kambuhan yang baru saja keluar dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Bondowoso. Atas informasi itulah, polisi langsung melakukan penyelidikan.

Hasilnya, petugas mendapat informasi jika ke dua pelaku tengah beroperasi diwilayah Banyuwangi. “Anggota kami dapat informasi jika mobil yang dikendarai pelaku ini parkir di sekitar jalan Brawijaya Banyuwangi,” ungkap Kasat Reskrim AKP Sodik Efendi.

Kecrigaan petugas akhirnya terbukti ketika dilakukan penggeledahan. Dari dalam mobil Toyota Avanza itu ditemukan dua obeng, tatah, senter korek, dan peralatan lainnya yang ditengarai adalah alat kejahatan.

“Modusnya, pelaku Chotib masuk ke dalam rumah korban dengan cara melompati pagar lalu mencongkel jendela. Sementara Hero yang berperan sebagai joki hanya menunggu diluar rumah sambil mengawasi kondisi di luar rumah,” Jelas Sodik.

Setelah berhasil masuk, pelaku langsung mengobrak-abrik seisi rumah dengan menjarah barang berharga yang ada di dalam rumah. Sukses menjarah barang elektronik di rumah korban, Hero kemudian memacu kuda besi yang dikendarainyra menjauh dari lokasi.

“Dari hasil penggeledahan, petugas juga mendapati HP Asus Zenfone 2, satu HP Asus Zenfone 3, dan tablet yang diakui adalah barang hasil kejahatan,” terangnya.

Dari hasil pengakuan keduanya, jika pelaku telah melakukan aksi pencurian di tiga tempat di wilayah Banyuwangi. Namun, tiga tempat lainnya juga masih belum diketahui di daerah mana saja.

“Kami masih melakukan penyelidikan dan pengembangan untuk mengungkap keterlibatan pelaku lainnya,” terang Sodlk Efendi didampingi Kasubag Humas AKP Bakin. (radar)

loading...