Ramai Peziarah di Bulan Suro

0
2405

Aula misalnya. Aula tersebut berada di timur makam prajurit tersebut. Selain itu, kolam renang dan musala juga tersedia di tempat tersebut. Makam Raden Djojo Poernomo tersebut berdampingan dengan Raden AJ. Soeprapti yang tercatat wafat pada tahun 17 Maret 1965. Konon, Raden AJ. Soeprapti merupakan abdi dalem yang sangat berbakti. Sehingga, kedua prajurit tersebut dimakamkan secara berdampingan.

’’Katanya seperti itu. Tapi saya takut salah. Lebih jelasnya mbah saya itu,” ujar Yuli di kediaman Mbah Siwo kemarin. Hanya saja, Yuli bisa sedikit men jelaskan terkait dengan para peziarah. Dia mengaku, banyak peziarah yang berdatangan setiap memasuki bulan Suro dalam kalender Jawa atau Muharam dalam kalender Islam.

‘’Banyak sekali kalau bulan itu. Ratusan orang yang datang dari mana-mana,’’ katanya. Di bulan Ramadan ini menurutnya sepi peziarah. Malahan, sampai puasa hari ke-12 belum satu pun peziarah yang datang. “Ya, yang banyak bulan Suro. Jumlahnya sampai ratusan orang. Di bulan Puasa ini belum ada,’’ terang Yuli sambil menjelaskan bahwa haulRaden Djojo Poernomo bertepatan dengan bulan Syawal.(radar)

Lanjutkan Membaca : 1 | 2