43.679 Orang Menuju Bali

0
409

KALIPURO – Gelombang pergeseran massa dari Jawa balik ke Pulau Dewata kian terasa. Dalam tempo sehari kemarin (29/6), sebanyak 43.679 orang penumpang pejalan kaki berhasil menyeberang dari Pelabuhan Ketapang menuju Bali.

Dari data PT ASDP Ketapang, jumlah penumpang sebanyak itu ternyata lebih sedikit dibandingkan data tahun lalu. Pada periode yang sama di musim arus balik Lebaran tahun sebelumnya, jumlah penumpang pejalan kaki tercatat 49.280 orang.

“Jumlah penumpang kali ini turun 11 persen dari data periode yang sama tahun lalu,” ujar General Manager PT ASDP Ketapang Elvi Yosa kemarin. Sementara itu, puncak arus balik di pelabuhan Ketapang diprediksi terjadi mulai hari ini, Sabtu besok, dan Minggu.

Mendapat informasi ini, para pemudik banyak yang memilih kembali ke Pulau Dewata lebih awal. Mereka menghindari puncak arus balik dan menghindari penumpukan kendaraan di pelabuhan.

Untuk menghindari penumpukan kendaraan di area Pelabuhan Ketapang, pihak ASDP menaikkan trip kapal yang biasanya 194 trip perhari menjadi 257 trip sehari. Sedangkan jumlah kapal yang dikerahkan dimaksimalkan menjadi 333 unit.

“Untuk menghindari penumpukan kendaraan kami sudah menambahkan trip masing- masing kapal hingga 10 trip-12 trip per hari,” ujar Elvi Yoza. Sementara itu pantauan jawa Pos Radar Banyuwangi di Pelabuhan Ketapang kemarin, arus balik masih didominasi oleh kendaraan roda dua.

Meskipun padat, secara umum arus lalu lintas di pelabuhan masih lancar. Pengendara roda dua terdata 6.218 unit yang menyeberang ke Bali kemarin. “Saya sengaja berangkat dari rumah pagi, supaya tidak mengantuk waktu jalan. Tidak ada macet, cuma jalannya agak pelan karena padatnya kendaraan,” ujar Sofyan, 40, pemudik asal Pasuruan. Pemudik yang menggunakan kendaraan roda empat berjumlah 5.268 unit kemarin.

“Dari Pasar Rogojampi itu macet terus ke utara lancar lagi. Sampai Banyuwangi sudah tidak ada hambatan hingga di Pelabuhan Ketapang,” ujar Yayan, pemudik asal Rogojampi. Sedangkan arus balik dari arah Pelabuhan Gilimanuk terdata penumpang sebanyak 29.396 orang kemarin.

Sedangkan kendaraan roda dua dari Bali yang masuk ke pulau jawa tercatat 1.886 unit kemarin. Kendaraan roda empat yang menyeberang dari Bali ke Banyuwangi terdata 4.445 unit.

“Untuk kendaraan roda empat masih terus berdatangan dari arah Gilimanuk. Namun belum terjadi kemacetan waktu bongkar muat kendaraan,” ujar Djafar, Koordinator Lapangan PT. ASDP Ketapang. (radar)

Loading...